Bagaimana komputer terhubung satu sama lain melalui internet


 
Baca Juga
Get Free Traffic

AstronKomputer.com - Menggunakan koneksi jaringan ataupun internet, komputer terhubung satu sama lain untuk mengirimkan data antara mereka dan berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan TCP / IP. Pikirkan TCP/IP adalah sebagai buku aturan, panduan langkah demi langkah bagaimana komputer berkomunikasi dengan komputer lain. Buku aturan menentukan apa yang harus dilakukan oleh setiap komputer untuk mengirimkan data, kapan untuk mengirimkan data, bagaimana harus mengirimkan data. Hal ini juga berlaku untuk bagaimana cara untuk menerima data. Jika aturan tidak diikuti, komputer tidak akan dapat terhubung ke komputer lain, dan tidak dapat mengirim atau menerima data dengan kompuer lain.

Penyedia Layanan Internet (ISP), perusahaan yang menyediakan layanan koneksi internet juga mengikuti aturan ini. ISP menyediakan jembatan antara komputer anda dengan semua komputer lain didunia, yang semuanya adalah bagian dari internet. ISP menggunakan protokol TCP/IP untuk membuat koneksi antar komputer dan memungkinkan untuk mengirimkan data. Ketika berhasil terhubung ke ISP anda akan diberikan alamat IP, yang merupakan alamat unik yang diberikan ke setiap komputer atau jaringan yang memungkinkan untuk dapat ditemukan saat terhubung ke internet.

Jika anda memiliki jaringan dirumah, komputer anda juga menggunakan TCP/IP untuk terhubung dengan komputer lain di internet. Protokol ini menungkinkan setiap komputer untuk dapat melihat komputer lain di jaringan dan berbagi file diantara mereka dan juga memungkinkan untuk berbagi printer pada jaringan. 

Ketika komputer terhubung satu sama lain pada jaringan yang sama, jaringan tersebut dinamakan jaringan area lokal atau LAN (Local Area Network).
Ketika beberapa jaringan saling terhubung satu sama lain, ini disebut Jaringan Area Luas atau WAN (wide are network).

Dengan jenis jaringan ini, anda memiliki router jaringan yang terhubung dengan ISP. Router diberikan alamat IP untuk koneksi ke Internet dan kemudian memberikan alamat ip lokal untuk setiap perangkat dalam jaringan anda. Alamat lokal yang umum nya adalah 192.168.1.2-255. Ketika mengakses komputer dalam jaringa lokal anda, router akan mengirimkan paket TCP/IP antar alamat ip lokal, namun bila anda ingin terhubung ke internet, router akan berkomunikasi ke internet dengan menggunakan alamat ip yang didapatkan dari ISP. oleh sebab itu ketika di internet, alamat ip yang anda miliki bukanlah alamat 192.168.xx.

Ketika meminta informasi dari halaman web, seperti Astron Komputer, anda akan memasukkan alamat url yang mudah dimengerti dan diingat yaitu astronkomputer.com. Sedangkan untuk komputer, untuk mengakses halaman web tersebut, url harus diubah menjadi alamat ip, hal ini dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan DNS. Setelah DNS mengubah url menjadi alamat ip, maka router di internet akan tahu bagaimana rute paket TCP/IP anda. dibawah ini adalah ilustrasi grafis dari apa yang telah di jelaskan di atas untuk membantu anda lebih memahami bagaimana komputer anda berkomunikasi dengan komputer lain di internet.
Ilustrasi komunikasi komputer di internet
Saat ini, komputer yang menggunakan os windows, linux, appel dan semua os yang ada juga menggunakan protokol tcp/ip untuk terhubung ke komputer lain baik di LAN atau WAN. Menghubungkan komputer ke LAN atau WAN membutuhkan untuk koneksi baik itu koneksi kabel maupun koneksi nirkabel. Sambungan kabel biasanya dilakukan dengan menggunakan kabel jaringan (kabel jaringan CAT5 atau CAT6). Koneksi nirkabel (Wi-Fi) dilakukan dengan menggunakan kartu jaringan nirkalel 802.11b, 802.11g atau 802.11n. Dengan kedua jenis koneksi ini, juga dibutuhkan sebuah router jaringan untuk menghubungkan ke komputer lain. Untuk menghubungkan komputer dirumah dengan internet, juga dibutuhkan sebuah modem kabel atau modem DSL, atau tergantung pada apa yang disediakan oleh ISP tempat anda berlangganan. 

Cari tau disini "Bagaimana cara terhubung dengan internet."

 Tags : #interner  #jaringan  #koneksi  #komputer

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon