Mematikan AutoPlay di windows xp


 
Baca Juga
Get Free Traffic

Autoplay adalah salah satu fasilitas yang ada diwindows, yang apabila kita koneksikan Drive eksternal seperti CD/DVD, Flashdisk, Modem GSM/CDMA akan terbuka secara otomatis program atau open with nya apa bila didalamnya terdapat script Autorun

Autorun adalah sebuah script yang sangat sederhana, yang ditulis didalam notepad dan umumnya disimpan menjadi Autorun.inf.. Walaupun scripnya sederhana, tapi sangat berfungsi dalam sebuah program..

Fungsi dari script ini adalah untuk menjalankan sebuah program secara otomatis didalam komputer.

Biasanya digunakan didalam master-master program instalasi, baik itu di dalam bentuk CD/DVD, Flashdisk atau Modem GSM/CDMA.. agar pengguna lebih mudah dalam menggunakannya.. begitu kita masukkan CD, atau pun Modem GSM. biasanya akan secara otomatis muncul program untuk instalasi dari perangkat tersebut.

Namun di lain sisi. karena kegunaannya ini yang otomatis, autorun ini juga dijadikan sebuah jalan untuk menyebarkan virus dikomputer anda..

Virus akan berjalan secara otomatis pada saat flashdisk atau cd yang anda masukkan itu terkandung sebuah virus didalamnya berkat Autorun ini.. Proses penyebaran virus tidak terlihat oleh kita karena sifat kerja nya yang visible atau tersembunyi.. Tiba-tiba komputer anda sudah terserang virus begitu saja, padahal tanpa anda sadari flashdisk yang baru saja anda masukkan itu sudah terinfeksi oleh virus..

Lalu bagaimana langkah antisipasi untuk menghindari serangan virus seperti ini??

Sangat mudah, ya itu dengan mematikan atau menonaktifkan fasilitas Autorun pada saat sarana Drive eksternal kita koneksikan ke komputer.

Langkah-langkahnya adalah :

1. Tekan tombol windows tanpa dilepas kemudian tekan tombol R, atau dari menu Start, kemudian Pilih Run

    Maka akan tampil sebuah jendela Run seperti digambar.



2. Kemudian ketik "gpedit.msc" kemudian enter



3. akan terlihat sebah jendela Group Policy



4. kemudian di Computer Configuration, klik Administrative Template terus klik dua kali di System,



5. Cari tulisan Turn Off Autoplay dan klik dua kali, secara defaulf setingan disini berada di Not Configured, kemudian pilih Enable, dan dibagian Turn Off Autoplay on pilih "All Drive" kemudian OK..



6. Lakukan hal yang sama seperti di poin 4 dan 5 untuk "User Configuration"



kemudian close jendela Group Policy, dan coba dengan memasukkan flashdisk atau cd instalasi anda ke komputer, maka Autoplay yang biasanya muncul kini tidak muncul lagi...



Ini adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus dikomputer..

Semoga bermanfaat, apabila terdapat kata-kata yang kurang jelas dan kurang dipahami silahkan berikan kritik dan sarannya,



Terima kasih.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon