Tips aman menjaga komputer, data dan program dari serangan virus

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Kali ini saya mau sharing bagaimana cara yang aman menjaga komputer dari serangan virus
Cara ini adalah cara yang saya terapkan terhadap komputerku sekarang, dan Alhamdulillah sampe sekarang komputerku aman-aman aja.





Syarat utama agar komputer aman dari virus ya sudah tentu pada tau semua, harus ada antivirus yang terinstall dikomputer. Antivirus banyak macamnya, tergantung kamu mana yang paling bagus menurut kamu. Karena menurutku semua antivirus itu sama saja fungsinya, Cuma beda cara kerjanya aja. Jadi kalo di Tanya antivirus apa sech yang paling bagus? Ya saya sendiri juga gak bisa jawab pasti, misal saya jawab antivirus A, orang lain belum tentu jawabannya sama. yang jelas gunakan antivirus yang memang sudah familiar sama kamu, jadi kamu pun sudah tau gimana system kerja antivirus tersebut.

Ada beberapa teman yang sering menanyakan, sebenarnya antivirus apa sech yang paling bagus?
Kalo pake antivirus ini suka makan data, kalo pake antivirus itu sering makan program.
Kadang saya suka bingung sendiri jawabnya, tapi ya tetap jawabanku seperti di atas. Gak bisa saya bilang antivirus mana yang paling bagus, semua antivirus itu bagus, Cuma cara kerjanya aja yang beda. Syaratnya Cuma harus selalu update aja.

Nah, kalo masalah makan data dan program ini lah yang kadang kurang dipahami, kenapa antivirus itu bisa sampe memakan program yang bahkan sudah terinstall dikomputer.
Jawabannya adalah, apa ya?

 Fungsi dasar antivirus itu adalah mengidentifikasi adanya virus dikomputer kita, apabila dijumpai adanya virus, makan akan virus akan di eksekusi entah itu dihapus, di repair atau mungkin di jinakkan.
Kemudian kenapa bisa sampe programnya juga di eksekusi? Jawabannya sederhana saja. Karena program tersebut sudah di infeksi oleh virus, program yang terinfeksi itu tidak bisa di perbaiki dan virusnya masih ada makanya programnya di hapus oleh antivirus tersebut.

Jadi baiknya, kalo ada kejadian seperti ini, jangan takut2 untuk mengijinkan antivirus buat menghapus program yang terdeteksi sebagai virus. Karena kalo kita pertahankan itu bakal nyerang yang lainnya.
Toh program khan bisa di cari lagi. Kalo itu program langka ya itu udah jadi resiko, karena saya juga pernah ngalami hal seperti ini.

Kemudian, gimana sech caranya agar program-program dan data-data kita aman, terutama buat para teknisi komputer nei, tentu khan banyak banget ya koleksi programnya. Bayangin aja HDD ext 500GB penuh sama koleksi program, dan tiba2 program abis kena virus, stress donk.. dah setengah mati tu ngumpulinnya. Caranya adalah jangan pernah menyimpan file exe atau program itu dalam posisi telanjang, maaf bukan porno ya. Maksudku telanjang disini kita simpan file exe atau program itu Cuma dalam suatu folder aja, karena itu bakal jadi sasaran empuk virus, simpan file-file berbentuk exe atau program itu dalam bentuk compress, compress itu macam2 seperti Zip, Zar, 7zip, gz, Iso, dan lain sebagainya. Capek donk harus ngompres file yang banyak.. memang capek, tapi hasilnya terlihat nantinya. Sekaran tinggal pilih aja. Msh mau pake cara lama nyimpan program begitu aja dan jadi sasaran empuk virus, setiap kena virus harus scan dan bersihkan lagi, terus kopi lagi. Atau yang capek ngompress untuk pertamanya aja dan untuk selanjutnya anteng2 dan aman2 aja walaupun virusnya jalan-jalan di hdd kita, tapi program yang kita simpan tetap aman di dalam kompres.

Untuk managemen penyimpanan file dalam bentuk kompres yang saya terapkan itu begini :

untuk ukuran file dibawah 500MB itu kompres dalam bentuk ZIP, karena zip tidak bisa menampung lebih dari itu
Untuk ukuran file antara 500MB sampe 2GB itu kompres dalam bentuk ZAR atau ISO
Untuk ukuran file di atas 2GB itu pake ISO
Untuk membuka compress zip dan rar bisa pake winrar, sedangkan untuk iso gunakan virtual drive.

Gunakan managemen penyimpanan file agar isi hdd kita tampak indah dan mudah saat proses pencarian, managemen yang saya tarapkan sederhana kok, salah satu nya yang di atas,
Pertama simpan file atau program dalam bentuk kompres
Kedua buat kategori untuk masing2 file dan program dan simpan menurut kategorinya, kategori itu terserah kamu masing-masing, misalkan kategori program Internet dan Browsing, Multimedia, Office, etc.
Ketiga buat lebih dari satu pastisi untuk kategori dan jenis file atau program yang di simpan. Misalkan partisi satu khusus untuk simpan program, partisi dua untuk simpan game. etc.
Itu aja manegemen penyimpanan yang saya terapkan.

Terus, pastikan antivirus selalu update, jangan sampe telat kalo bisa. Karena virus itu berkembangnya 2x lebih cepat daripada antivirusnya. Jadi gunakan antivirus yang bisa otomatis update untuk mempermudahnya. Dan tentu internetnya juga. Updare rutin antivirus sekarang rata2 2 minggu sekali.
Resiko kalo kita gak update antivirus adalah, kalo ada virus baru yang masuk maka antivirus gak mau baca virus nya.
Selalu scan flashdisk atau hdd external saat di koneksikan, karena ini juga merupakan salah satu sarana untuk penyebaran virus. Dan jangan sering-sering mengkoneksikan flashdisk atau hdd ext ke komputer lain bila dirasa tidak penting.

Kemudian untuk lebih aman lagi kali kita pake Internet Security, ini antivirus juga Cuma fiturnya lebih banyak gak Cuma antivirus aja, juga ada anti malware, anti spyware, anti phishing, dan lain-lain, dari yang sudah saya pake, kelebihan internet security itu melindungi kita waktu kita browsing internet, misalkan ada situs yang kita kunjungi itu mengandung system yang mengancam komputer, maka internet security tersebut akan ngasih alert atau peringatan kalo situs itu tidak aman untuk di kunjungi. Dan sebagian besar penyebaran virus itu melalui internet.

Buat yang hobi download ni jangan sembarangan download yang bukan di situs resminya, apa lagi program atau aplikasi. Scan dulu program yang di download sebelum di install. 

sampai di sini dulu tipsnya
satu lagi tambahan biar lebih aman, kalo kamu abis install komputer, usahakan install antivirusnya dulu setelah install os nya, baru driver dan program2 lainnya. itu saja
semoga bermanfaat, dan maaf kalo kalimatnya kurang teratur, maklum saya memang kurang ngerti ilmu menulis
terima kasih
dan jangan lupa komentar masukan dan sarannya di tunggu lho..
Wassalam

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon