Home » » Komputer tidak tampil ke monitor

Komputer tidak tampil ke monitor

Mungkin saudara pernah mengalami hal ini, komputer tiba-tiba tidak nampil atau tidak nembak ke monitor, padahal komputer hidup atau ada power, masalah ini di sebabkan banyak hal, maka untuk mengetahuinya kita harus mengecek satu persatu dari hardware yang ada maupun Operating Sistemnya..

CEK OPERATING SYSTEM(Windows, Linux atau MacOS)
Yang pertama adalah cek pada saat komputer di hidupkan apakah ada respon di keyboard dengan melihat indikasi di lampu NumbLock, CapsLock dan ScrollLock, dan
ada bunyi Beep sekali bersamaan dengan indikasi di keyboard, bila ada respon tersebut coba masuk ke sistem BIOSnya dengan menekan tombol DEL, F2, F9 atau F10 tergantung pada Merk Mainboadnya.. Bila proses masuk BIOS bisa berjalan, artinya kemungkinan kerusakan terdapat pada OS nya, coba repair Windows anda.. 

CEK PERANGKAT HARDWARE
Sasaran pertama yang harus kita cek adalah Memory RAM nya, karena memory adalah perangkat yang sangat sensitif, bisa saja karena kotor atau guncangan maka memory tidak akan terbaca lagi, dan itu sering saya alami, caranya adalah buka penutup cashing PC anda, kemudian cabut memory dengan hati-hati, bersihkan memory dengan kuas dengan pelan-pelan, bila perlu gosok sedikit lempengan kuningannya dengan menggunakan penghapus pensil gunanya untuk menghilangkan kotoran dan karat yang ada. Seletah anda bersihkan kemudian silahkan anda pasang kembali ke PC untuk mencobanya.. ingat pasang dengan hati-hati, kemudian cek dengan menghidupkan komputer nya, jika sudah tampil maka masalah telah terselesaikan..

Apabila cara pertama tidak membuahkan hasil, maka sasaran kedua yang harus di cek adalah Power Suply, perangkat ini juga bisa berpengaruhm karena dengan kurangnya daya listrik yang dihasilkan oleh Power Suply tersebut juga akan menyebabkan komputer tidak mampu untuk menampilkan gambar ke monitor, caranya buka Power Suply dengan cara melepaskan 4 baut yang ada di belakang panel nya.. cabut seluruh kabel yang terhubung, baik di Mainboard, CD/DVD Room, dan juga Harddisk, kemudian ambil Power Suply yang laen, disarankan yang baru, pasang Power Suply yang baru tersebut dan sambung kan semua kabel seperti saat anda membukanya tadi, kemudian coba hidupkan komputer, jika komputer hidup dan tampil ke monitor, masalah selesai..

Bila cara pertama dan kedua juga tidak bisa, cara yang ketiga adalah cek VGA Card apabila ada di PC anda, cabut VGA Card dari Mainboard dengan hati-hati, kemudian coba sambung kan kabel VGA monitor ke port VGA onboardnya atau bila tidak ada VGA onboardnya, gunakan VGA yang lain yang sejenis. setelah itu kembali coba hidupkan komputer anda, bila komputer hidup dan tampil masalah selesai..

Bila cara di atas tidak berhasil juga, yang selanjutnya adalah cek Mainboard dan Prossesornya..
pertama cek Prossesor nya dengan cara, ambil Prossesor yang lama dan pasangkan Prossesor tersebut ke Mainboard yang lain tentunya yang sejenis... kembali tes dengan menghidupkan komputernya, bila komputer hidup berarti Prossesor tidak ada masalah... bila tidak tampil juga, berarti masalah ada di Prossesornya..
setelah itu cek Mainboarnya dengan cara, cabut Prossesor lamanya dan masukkan Prossesor yang baru ke Mainboar tersebut, kemudian tes kembali dengan menghidupkan komputer. lihat hasilnya nampil atau tidak, bila tidak tampil berarti masalah terdapat pada Mainboardnya..

Inilah cara-cara yang saya lakukan apabila saya menemukan masalah seperti ini dan mungkin masih ada jalan lain yang lebih mudah, itu masih dalam penelusuran saya, 
atau mungkin saudara-saudara yang membaca tulisan ini punya cara yang lain, untuk kesediannya sharing dengan kita semua. 

semoga sedikit coretan saya ini bisa bermanfaat buat saudara-saudara semua 
dan saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang mungkin tidak layak untuk di paparkan tertulis di coretan ini, karena inilah bahasa yang bisa saya gunakan..
dan untuk saudara-saudara yang baca coretan ini untuk kesediaanya memberikan kritik dan sarannya atau tambahan itu akan sangat membuat saya senang dan terbantu..

 
Bagikan Artikel ini Ke teman :

Baca Juga Artikel ini:

1 comment:

  1. thanks gan ...infonya sangant membantu ...add balik ya blog ku http://www.baharakom.blogspot.com

    ReplyDelete

Jangan lupa tinggalkan komentar kamu ya...

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011-2014. Astron Komputer Langsa - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger
{block:IfUA-42049779-1} {/block:IfUA-42049779-1}