Tak Usah Panik Isu Kiamat Internet 2012


 
Baca Juga
Get Free Traffic

Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring mengimbau pengguna internet di Indonesia tidak perlu panik terhadap isu kiamat internet pada 9 Juli 2012 yang diakibatkan oleh malware DNS Changer. Namun, ia meminta pengguna internet tetap waspada dan mengecek peralatan komputer dan jaringan internet yang digunakan.

"Saya katakan itu adalah isu, dalam artian tidak benar akan terjadi kemacetan masif jaringan internet di Indonesia, besok 9 Juli 2012," ujar Tifatul dalam keterangan pers, Minggu (8/7/2012), malam.

Tifatul membenarkan bahwa sekitar 4 tahun lalu pernah terjadi serangan bertubi-tubi dari virus Trojan asal Estonia tersebut. Hal itu mengundang perhatian Biro Investigasi Amerika Serikat (FBI) yang segera menyelidiki kejadian tersebut dan menciptakan antivirus baru. Menurut FBI, jumlah komputer yang mungkin terinfeksi DNS Changer saat ini ada 277.000 di seluruh dunia. Jumlah ini sudah turun jika dibandingkan bulan April lalu, yang mencapai 360.000 komputer. FBI meyakini, ada sekitar 64.000 komputer asal Amerika yang masih terinfeksi DNS Changer.

"FBI pernah merilis 25 negara yang berisiko tinggi terjangkit Trojan. Namun, Indonesia tidak termasuk dalam daftar tersebut. Kebanyakan berjangkit di negara-negara Eropa dan Amerika," kata Tifatul.

Tifatul menambahkan, peneliti virus pernah meriset keberadaan virus tersebut di Indonesia dan hasilnya tidak ditemukan adanya perkembangan virus tersebut. "Tidak usah panik, namun harus tetap waspada. Scan dan bersihkan komputer masing-masing, jangan sembarang membuka kiriman link dari orang-orang tidak dikenal," kata Tifatul.


Sumber : KOMPAS.com




Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon