Apakah Kebebasan Internet Harus Diatur?

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Upaya AS dan Kanada untuk membatasi regulasi International Telecommunication Union (ITU) terhadap operator telekomunikasi telah terhenti.

AS dan Kanada, bersama dengan sebagian besar negara Eropa, tadinya ingin menghentikan langkah ITU yang mencoba mengatur perusahaan online saat pembicaraan sedang berlangung. Namun, negara lain, dipimpin oleh Rusia dan beberapa negara Timur Tengah, menolak keras, dengan alasan bahwa mengatur Internet harus mencakup perusahaan Web.

Konferensi ITU berlangsung pada 3-14 Desember 2012 di Dubai, dimana negara-negara anggota badan PBB itu akan memutuskan apakah Internet harus diatur. AS dan negara-negara Barat lainnya berharap untuk mengatur penyedia telekomunikasi, tetapi tidak mengatur perusahaan-perusahaan besar, seperti Google. Jika regulasi meluas ke perusahaan-perusahaan Web, AS berpendapat, hal itu akan membatasi anonimitas di Internet serta berpotensi merugikan perusahaan dan pengguna.

"Kami ingin mempertahankan platform Internet yang bebas dan terbuka sebagai platform untuk kebebasan berekspresi," kata Patrick Ryan, seorang pengacara di Google, di sebuah forum yang diselenggarakan oleh Stanford Law School.

Konferensi ITU dihadiri oleh sekitar 150 negara, meninggalkan banyak pertanyaan mendasar tentang bagaimana Web harus diatur. Namun, kebanyakan konferensi Internet seperti ini berakhir tanpa banyak hasil. Pada tahun 2005, misalnya Pemerintah Iran dan Afrika berpendapat bahwa Web memungkinkan kebebasan berbicara terlalu berlebihan dan harus diatasi. Namun tidak ada menggubris hal itu.

Bagaimana menurut Anda, apakah Internet perlu diatur?


Referensi : CHIP, Komalasari, Insaf Albert Tarigan

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon