Apa itu RPM (Revolutions Per Minute)


 
Baca Juga
Get Free Traffic

RPM


AstronKomputer.com - RPM adalah kependekan dari Revolutions Per Minute (Rotasi Per Menit), RPM digunakan untuk membantu menentukan waktu akses pada Harddisk komputer. RPM adalah pengukuran berapa banyak putaran yang dihasilkan oleh harddisk komputer dalam satu menit. Semakin tinggi RPM, semakin cepat proses mengakses data; misalnya, jika Anda membandingkan dua hard disk, satu dengan 5400 RPM dan lain dengan 7200 RPM, hard drive dengan 7200 RPM akan mampu mengakses data lebih cepat dari yang lain.

Catatan: Harddisk generasi terbaru SSD (Solit State Drive) tidak memiliki bagian yang bergerak, maka SSD tidak memiliki RPM.

RPM juga dapat merujuk ke putaran per menit kipas Casing atau putaran Head sink komputer. Dengan RPM tinggi, kipas akan lebih banyak menghembuskan udara atau mengeluarkan lebih banyak panas dari komputer atau prosesor. Namun, perlu diingat bahwa ketika Anda meningkatkan RPM kipas kebisingan atau decibel (dBA) juga meningkat.

RPM sebuah kipas komputer dapat diukur dengan menggunakan sebuah perangkat lunak seperti HWMonitor.

Didalam sistem operasi Linux juga terdapat istilah RPM yaitu RPM package Manager. Yaitu sebuah aplikasi yang digunakan untuk memanagemen dan instalasi aplikasi atau program yang terpasang atau akan dipasang di OS tersebut. RPM menggunakan ekstensi file .rpm saat membuat sebuah paket. Untuk pengguna yang sudah akrab dengan Debian, alat ini mirip dengan alat Dpkg.


Pembahasan Terkait :
 Sejarah Hard Disk
 Harddisk Adalah



Tags: #Harddisk  #Perangkat Keras  #Hard Disk Drive   #SSD  #Solid State Drive  #HDD  #SATA  #Data  #Linux

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon