Kelebihan dan Kekurangan SSD


 
Baca Juga
Get Free Traffic


AstronKomputer.com - Standar hard disk (HDD) telah menjadi perangkat penyimpanan dominan untuk komputer, baik desktop dan laptop, untuk waktu yang lama. Daya tarik utama adalah ukuran penyimpanan dan biaya rendah. Produsen komputer dapat mencakup pasar untuk Harddisk ukuran besar dengan biaya yang kecil, sehingga mereka terus menggunakan HDD di komputer mereka. 

Ketersediaan SSD untuk menggantikan HDD mungkin belum terlalu mudah. Dibawah ini adalah ulasan dari perbedaan antara SSD dan HDD, SSD sudah jelas sebagai pemenang, tetapi karena harganya yang masih tidak masuk akal untuk digunakan oleh semua pengguna, ini adalah satu poin negativ dari SSD. Maka dari itu, kami sarankan gunakanlah SSD sebagai drive primer untuk sistem operasi dan program yang paling penting. Dan untuk penyimpanan data-data yang lain anda bisa menggunakan HDD sebagai drive kedua karena tidak telalu memerlukan akses data yang cepat disini.


Berikut adalah tabel perbedaan antara SSD dan HDD :


Topik SSD HDD
Waktu Akses SSD memiliki kecepatan akses 35 sampai 100 mikro-detik, yang hampir 100 kali lebih cepat. kecepatan akses yang lebih cepat ini berarti program dapat berjalan lebih cepat, yang sangat signifikan, terutama untuk program yang mengakses data dalam jumlah besar seperti sistem operasi Anda. Sebuah HDD membutuhkan waktu sekitar 5.000 hingga 10.000 mikro-detik untuk mengakses data.
Harga Harga SSD jauh lebih tinggi dari HDD, yang mengapa kebanyakan komputer dengan SSD hanya memiliki beberapa ratus gigabyte.komputer desktop dengan SSD juga mungkin memiliki satu atau lebih HDD untuk penyimpanan tambahan. HDD jauh lebih murah daripada SSD, terutama untuk drive yang lebih dari 500GB.
Keandalan SSD tidak memiliki bagian yang bergerak. Menggunakan memori flash untuk menyimpan data, yang menyediakan kinerja yang lebih baik dan kehandalan ketimbang HDD. HDD memiliki bagian yang bergerak dan piringan magnetik, yang berarti semakin banyak pemakaian akan menyebabkan lebih cepatnya rusak.
Kapasitas Meskipun ada SSD yang ukuran besar, namun untuk ukuran SSD 512GB keatas hanya digunakan oleh beberapa orang saja. Beberapa terabyte hard disk drive yang tersedia untuk harga yang sangat wajar.
Daya SSD menggunakan daya yang lebih rendah daripada HDD, yang akan membuat tagihan listrik juga rendah, dan untuk laptop akan dapat lebih menghemat baterai Dengan semua bagian dan persyaratan untuk berputarnya piringan, HDD menggunakan daya lebih besar dari SSD.
Kebisingan Tanpa bagian yang bergerak SSD tidak menghasilkan suara Dengan berputarnya Piringan HDD saat membaca dan menulis data, HDD kadang-kadang bisa menjadi salah satu komponen yang paling berisik di komputer anda.
Ukuran SSD ini tersedia dalam 2,5 ", 1,8", dan 1,0 ", meningkatkan ruang yang tersedia tersedia di komputer, terutama desktop atau server. HDD biasanya berukuran 3,5 "dan 2,5", untuk dekstop akan membutuhkan ruang yang lebih besar.
Panas Karena tidak ada bagian yang bergerak dan bersifat memori flash, SSD menghasilkanpanas yang sedikit, membantu meningkatkan umur dan kehandalan. Dengan bagian yang bergerak, HDD menghasilkan panas lebih banyak.Panas perlahan-lahan bisa merusak elektronik dari waktu ke waktu, sehingga semakin tinggi panas, semakin besar potensi kerusakan yang diakibatkan.
Kemagnitan SSD tidak terpengaruh oleh magnet. Karena HDD bergantung pada magnet untuk menulis informasi ke piringan, informasi bisa dihapus dari HDD menggunakan magnet yang kuat.
Pembahasan Terkait :
 Sejarah Hard Disk


Tags: #Harddisk  #Perangkat Keras  #Hard Disk Drive   #SSD  #Solid State Drive  #HDD  #SATA  #Data  #Linux

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon