Main GTA tak selalu berefek Negatif, Ini Efek Positifnya

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Grand Theft Auto
Dengan gaya permainan yang kasar, seri game Grand Theft Auto (GTA) memang sering dikaitkan dengan hal-hal negatif yang dilakukan gamer di dunia nyata. Namun nyatanya tak semua berakhir buruk, tak sedikit gamer yang juga terinpsirasi melakukan hal berani setelah memainkan GTA.

Aksi di GTA disebut menumbuhkan keberanian gamer-gamer tersebut. Bahkan ada yang serta-merta meniru aksi karakter di game GTA saat mencoba melakukan hal berani menyelamatkan orang lain. Tak cuma itu, game GTA juga mampu menginspirasi orang untuk tetap menikmati hidup meski dalam kondisi yang tak lagi bugar.

Selain itu ada juga gamer yang secara kebetulan menjadi pahlawan karena rela antri hingga larut malam demi game GTA. Ingin tahu lebih jauh? Berikut efek positif berkat GTA yang dialami sejumlah gamer :


1. Selamatkan Kakek
Selamatkan Kakek

Video game bisa mengajarkan banyak hal. Beberapa hal mungkin kurang baik terutama untuk anak-anak, namun terkadang game bisa mengajarkan hal tak terduga yang ternyata bermanfaat. Seperti yang dialami bocah yang satu ini.

Di Irlandia, seorang anak 11 tahun melakukan tindakan yang menyelamatkan nyawa kakeknya. Keberanian bocah bernama Charley Cullen tersebut muncul karena teringat game kebut-kebutan mobil Grand Theft Auto.

"Kakek menjemput saya dari Rathkenny Hall. Kami sekitar 500 meter dari Slane Castle dan mobil tiba-tiba mengarah ke selokan," kisah Cullen seperti dilansir Ubergizmo.

Semula Cullen berpikir kakeknya sedang mengajaknya bercanda dengan menakut-nakutinya. Namun ketika keadaan mulai membahayakan, Cullen menyadari ini bukan lelucon. Si kakek pun tiba-tiba tertunduk lemas dengan tangan lunglai di atas kemudi.

"Kakek tidak sadarkan diri. Saya langsung mengambil alih kemudi dan berusaha mengarahkan mobil ke jalan," ujarnya.

Meski Cullen mengambil alih kemudi, kedua kaki si kakek masih menginjak gas. Sehingga bukannya melambat, mobil tersebut malah melaju kencang. Ini tentu saja semakin menyulitkan Cullen.

Beruntung, sang cucu berhasil menguasai keadaan. Dia berusaha mengarahkan mobil ke pintu gerbang sebuah bangunan. Alhasil laju mobil pun berhasil dihentikan.
Masalah belum selesai, si kakek belum juga sadarkan diri. Cullen bersusah payah membangunkan kakeknya, dan meminta bantuan orang-orang sekitar untuk membawa si kakek pulang.

Baik si kakek maupun cucunya mengalami luka cukup serius akibat insiden ini. Cullen sendiri mengalami sedikit retak pada tulang tengkoraknya. Sementara si kakek hingga sekarang tidak tahu apa yang menyebabkannya tiba-tiba tak sadarkan diri.

"Ini adalah keajaiban. Saya dan cucu saya bisa selamat," ucap si kakek.

Cullen mengaku mendapatkan keberaniannya karena hobi bermain GTA. Jika selama ini dia hanya mampu membayangkan situasi menantang di game tersebut, kali ini dia mengalaminya secara nyata.


2. Bikin Nenek 85 Tahun tetap aktif

Nenek 85 Tahun
Usia senja ternyata tak menghalangi nenek 85 tahun ini untuk menggandrungi Grand Theft Auto (GTA) IV. Ya, si nenek memang penggemar berat game yang agak brutal ini layaknya anak-anak usia remaja.

Dalam wawancaranya dengan BBC, Hilda Knott --nama nenek tersebut-- mengaku sangat senang bermain konsol game. Alasannya sederhana, karena game dapat melatih otaknya untuk tetap aktif.

"Game itu membuat saya berpikir bagaimana menyelesaikan level atau tingkatan berikutnya untuk diselesaikan. Mulai dari petualangan atau teka-teki mengajarkan saya berpikir bagaimana kapan saya harus melakukannya," katanya

Ia setuju, game favoritnya seperti GTA IV ini bisa menjaga pikirannya tetap aktif, apalagi di usianya yang sudah cukup renta. Walau bukan masuk kategori maniak game, namun ia mengaku menikmati momen-momen saat memainkan GTA IV di konsol PlayStation 3 dengan TV 65 inch miliknya.


3. Selamatkan Korban Kebakaran

Kisah ini dialami oleh kedua remaja asal Toronto, Kanada. Mereka pasti tak pernah menyangka bakal menjadi pahlawan bagi seorang kakek berusia 70 tahun, setelah mengantre hingga larut malam untuk mendapatkan keping disk GTA V.

Sepulang membeli GTA V, kedua remaja berusia 16 dan 17 tahun tersebut menemukan sebuah rumah yang terbakar tanpa ada satupun orang sekitar yang mengetahuinya. Lebih buruknya lagi, ada seorang kakek yang terjebak di dalamnya yang tengah meminta tolong.

Kedua remaja itu pun berusaha mendobrak pintu yang menjebak sang kakek setelah sebelumnya menghubungi 911. Untungnya tidak butuh lama bagi pemadam kebakaran untuk datang ke lokasi dan membantu kedua remaja tersebut.

Memang sebenarnya tak ada kaitannya langsung dengan game GTA. Tapi tindakan yang dilakukan kedua remaja itu setidaknya telah cukup membuktikan bahwa penggemar GTA tak selalu identik dengan hal negatif yang kerap dikaitkan dengan game besutan Rockstar itu.


4. Tak Soal Kekerasan Saja

GTA di XBOX 360
Game yang banyak menampilkan aksi kekerasan kerap dianggap sebagai penyebab terjadinya tindak kriminal. Namun hasil riset yang diadakan oleh pemerintah Australia menunjukan tidak adanya hubungan antara tindak kriminal di dunia nyata dengan video game.

"Bukti tentang pengaruh video game kekerasan pada agresi yang ditampilkan oleh mereka yang bermain tidak meyakinkan," kata Brendan O'Connor, Menteri Dalam Negeri Australia

Game yang banyak menampilkan aksi kekerasan, kerap dijadikan sebagai 'kambing hitam' atas tindak krimal yang dilakukan oleh pemainnya. Contoh kasus, beberapa waktu lalu ada remaja yang memperkosa wanita karena terinspirasi oleh Game. Belum lagi gamer yang membakar tiga mobil sehabis memainkan Grand Theft Auto (GTA).

"Australia memerlukan sebuah sistem klasifikasi yang konsisten yang melindungi pikiran muda dari apa pun yang mungkin berdampak buruk. Selain itu juga harus membebaskan gamer dewasa untuk membuat keputusan sendiri tentang apa yang mereka mainkan, selama masih dalam batasan hukum," tandas O'Connor.


Referensi : Detik.Games


Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon