Hasil Penelitian Menyebutkan Ternyata Mac Mudah Untuk di Bobol

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Apple Malware

Komputer buatan Apple sering disebut sangat aman karena firmware-nya yang tak bisa ditembus oleh pembuat virus. Namun kini tak lagi, karena telah tercipta sebuah malware yang bisa menembus komputer berlogo apel kroak itu.

Adalah dua peneliti keamanan bernama Xeno Kovah dan Trammell Hudson yang membuat dan mendemonstrasikan Thunderstrike 2, malware buatan mereka

Thunderstrike 2 bisa menginfeksi BIOS dari perangkat Mac, dan tak bisa dibersihkan dengan sekadar menginstal ulang OS dan bahkan mengganti storage. Parahnya, malware ini tetap bisa menyebar meski tak terhubung dengan internet.

Mereka akan bersemayam di ROM yang ada di komputer Mac, seperti adapter Thunderbolt to Ethernet. Dengan begitu, penyebarannya juga bisa terjadi ketika aksesoris yang terinfeksi dipakai di komputer lain.

"Masyarakat tak sadar bahwa barang sekecil dan semurah (adapter Thunderbolt to Ethernet-red) ini bisa menginfeksi firmware mereka. Kamu menyebarkan malware ini ke seluruh dunia," ujar Kovah.

Menurut Kovah, exploitasi semacam ini lebih parah dibanding Stuxnet, yang menyerang Iran beberapa waktu lalu melalui sebuah flashdisk. "Stuxnet bersembunyi di balik driver kernel dalam file sistem Windows. Jadi ia mudah terdeteksi, karena itu adalah tempat yang dicek oleh semua orang," tambahnya.

Sementara Thunderstrike 2 menyerang ROM semacam BIOS, dan biasanya pembuat perangkat tak melindungi firmware di chip tersebut. "Kami membuat penelitian ini untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap serangan firmware," ucap Kovah.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon