Rusia Bangun Pusat Data Terbesar Pakai Nuklir

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

 

Di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, setiap perusahaan pasti memiliki dokumen atau file yang harus disimpan dengan benar. Biasanya data-data tersebut haruslah ditata dengan rapi dan juga aman. Baru-baru ini Rusia menghebohkan publik dengan pusat data terbesar yang ditenagai oleh nuklir. Bila biasanya sebuah pusat data hanya ditenagai oleh tenaga listrik ataupun tenaga matahari, Rusia berhasil menggunakan nuklir untuk mensuplai tenaga keseluruh pusat data terbesarnya.

Dengan menggunakan tenaga nuklir dan sistem keamanan yang canggih, sudah pasti cadangan tenaga untuk pusat data tersebut bisa diberikan secara penuh dan juga aman untuk masyarakat di sekitarnya.
Rosenergoatom sebagai spesialis tenaga nuklir yang berbasis di Rusia dikabarkan baru saja memulai pembangunan pusat data terbesar tersebut. 

Kota Udomlya di utara Rusia dipilih sebagai tempat yang tempat untuk membangun sebuah pusat data yang ditenagai dengan nuklir. Setelah pembangunan tersebut selesai, pusat data tersebut nantinya akan membutuhkan 80 Megawatt dan mampu menampung hingga 10 ribu rak. 

Tentu kapasistas tersebut terbilang sangat besar sehingga semua data pemerintahan dan negara bisa disimpan didalam pusat data nuklir itu. Mengingat tragedi Chernobyl yang pernah terjadi pada beberapa dekade yang lalu, pemerintah Rusia juga memperhatikan sistem keamanan dan juga lingkungan di sekitar area pembangunan yang jauh dari pemukiman penduduk.

Seperti yang telah dilansir oleh Data Center Dynamics berdasarkan Telecom Daily, pusat data telah mencadangkan kapasitas hingga 10 persen khusus untuk perusahaan milik Rusia, sisa dari kapasitas data yang tersedia bisa digunakan untuk pelanggan komersial. Google dan Facebook sebagai media sosial yang paling banyak menggunakan data telah ditawarkan untuk menggunakan pusat data tersebut dalam beberapa tahun mendatang. 

Pembangkit listrik yang dioperasikan oleh Rosenergoatom saat ini berjumlah sepuluh pembangklit listrik tenaga nuklir dan 33 reaktor. Rencananya, reaktor pada Rosenergoatom akan ditambah menjadi 59 unit pada tahun 2030 mendatang untuk menunjang kapasitas tenaga pada pusat data terbesar yang berada di Udomlya, utara Rusia tersebut. 

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon