Cara Melindungi Email Dari Serangan Hacker

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga


AstronKomputer.Com - Email merupakan salah satu hal yang sangat penting di zaman modern ini. Setelah surat menyurat secara tradisional mulai ditinggalkan dan digantikan dengan surat elektronik, melindungi email dari serangan hacker menjadi tugas yang perlu kita lakukan. Setiap kita mendaftar di web tertentu kita membutuhkan email, saat ingin bergabung ke media social tertentu kita juga menggunakan email. Namun, adanya hacker membuat kita harus berusaha melindungi akun email kita tersebut. Lalu, bagaimanakah caranya?

Salah satu hal paling penting yang perlu anda lakukan untuk menghindari serangan hacker adalah dengan selalu berhati-hati dalam memasukan email dan password di situs apapun. Ada beberapa modus penipuan yang perlu anda ketahui agar email anda tidak terkena salah satu diantaranya.

1. Website Spoofing

Website yang dibuat khusus untuk menyesatkan pembaca ini biasanya dibuat oleh mereka yang ingin memanfaatkan email-email target untuk kepentingan mereka sendiri. Halaman-halaman login yang mirip dengan Yahoo ataupun Gmail ini akan mengambil username serta password anda secara cuma-cuma. Untuk melindungi email dari serangan hacker semacam ini, jangan pernah mencoba mengakses email anda di situs selain situs aslinya dan selalu ketikkan URL email anda di address bar saat akan masuk ke email anda. 

2. Keyloggers

Metode lain yang sering digunakan hacker untuk mencuri password adalah dengan penggunaan keyloggers. Untuk mengantisipasi password anta tercuri oleh keyloggers, anda bisa mencoba untuk menginstal aplikasi anti-spyware atau anti-keylogger dan jangan lupa untuk memperbaharuinya secara teratur.

Untuk mengantisipasi hal lain yang bisa merugikan kita melalui pencurian password email, akan lebih baik bagi kita untuk terus berhati-hati terutama saat menggunakan akses internet yang dipakai secara umum seperti warnet maupun wifi gratis di kafe. 

Selain itu, buatlah password email yang kuat dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka muapin simbol dengan panjang minimal 10 karakter. Selain itu, untuk melindungi email dari serangan hacker, anda juga disarankan untuk memperbaharui password lama anda dengan yang baru secara berkala.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon