Apa itu Phising


 
Baca Juga
Get Free Traffic


AstronKomputer.comBisa dikatakan seperti memancing, Phising adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah individu atau kelompok jahat yang menipu pengguna lain. Mereka melakukannya dengan mengirim e-mail atau membuat halaman web yang dirancang untuk mengumpulkan data bank online, kartu kredit, atau informasi login seseorang. Karena e-mail dan halaman web ini terlihat sama seperti halaman web sebuah perusahaan yang sah, pengguna mempercayai mereka dan memasukkan informasi pribadi mereka.

Contoh E-mail Phising

Pelanggan eBay yang terhormat,

Akun anda telah ditangguhkan . Kami hanya akan meminta kata sandi Anda satu kali. Kami akan menagih akun Anda satu kali per tahun. Namun, Anda akan menerima permintaan konfirmasi dalam waktu sekitar 24 jam setelah melakukan proses unsuspend lengkap. Anda memiliki waktu 24 jam sejak Anda menerima e-mail untuk melengkapi permintaan eBay ini. 

Catatan : Mengabaikan pesan ini dapat menyebabkan eBay TKO menghapus akun Anda selamanya. 

Untuk membuat proses unsuspend silahkan gunakan link ini: 

Http://urlpalsu.com/ebay 

EBay akan meminta data pribadi (password, dan sebagainya) di email ini. 

Terima kasih telah menggunakan eBay! 
Http://www.ebay.com/ 
-------------------------------------------------- ------------------- 
Pemberitahuan eBay ini dikirimkan kepada Anda berdasarkan preferensi akun eBay Anda. Jika Anda ingin meninjau preferensi pemberitahuan untuk komunikasi lainnya, klik di sini. Jika Anda ingin menerima email ini hanya dalam teks saja, klik di sini.


Bagi pengguna yang sering menggunakan eBay atau layanan online, e-mail ini mungkin tampak seolah-olah berasal dari perusahaan yang dijelaskan dalam e-mail. Namun, e-mail ini dirancang untuk membuat pengguna ingin mengeklik tautan yang membantu mereka mencuri informasi pribadi seperti nama pengguna, kata sandi, kartu kredit, dan informasi pribadi. Berikut adalah beberapa tip bermanfaat untuk mengidentifikasi e-mail ini dan cara mengatasinya.

Cara mengidentifikasi e-mail phising
  1. Perusahaan - E-mail ini dikirim ke ribuan alamat e-mail yang berbeda dan seringkali orang yang mengirim e-mail ini tidak tahu siapa Anda. Jika anda tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan tempat email itu berasal, bisa dipastikan itu email palsu. Misalnya, Misalnya, anda mendapatkan email dari sebuah Bank katakanlah Bank Mandiri, tetapi anda tidak memiliki akun di bank tersebut.
  2. Ejaan dan tata bahasa - ejaan dan tata bahasa yang tidak tepat hampir selalu membuat anda seolah-olah akan mati. Sehingga anda akan terpengaruh oleh kata-kata yang ada didalamnya.
  3. Tidak disebutkan informasi rekening - Jika perusahaan mengirimkan informasi mengenai kesalahan ke akun Anda, mereka akan menyebutkan akun atau nama pengguna Anda dalam e-mail. Dalam contoh di atas, e-mail hanya mengatakan "pelanggan eBay", jika ini eBay mereka akan menyebutkan nama Anda.
  4. Tenggat Waktu - E-mail meminta tanggapan segera atau tenggat waktu tertentu. Misalnya, pada contoh di atas, persyaratan untuk masuk dan mengubah informasi akun Anda dalam waktu 24 jam.
  5. Links - Meskipun banyak e-mail phishing semakin baik dalam menyembunyikan URL sebenarnya yang Anda kunjungi, seringkali e-mail ini akan mencantumkan URL yang tidak terkait dengan URL perusahaan. Misalnya, di contoh eBay di atas, "http://urlpalsu.com/ebay" bukan URL eBay yaitu http://www.ebay.com, cukup URL dengan direktori "ebay". 
Apa yang harus anda lakukan bila anda tidak yakin apakah email tersebut resmi.

  • Jangan pernah membuka link di dalam email tersebut. Bila pun tetap ingin membuka link tersebut, cobalah untuk mengetikkan secara manual alamat website perusahaan tersebut di browser. Misalnya, dalam contoh diatas, anda diharuskan untuk mengunjungi alamat url palsu eBay, maka ketikkanlah http://www.ebay.com di web browser anda dan loginlah untuk memastikannya.
  • Jangan pernah mengirimkan informasi pribadi ke email tersebut. Jika perusahaan meminta informasi pribadi tentang akun anda atau mengatakan bahwa akun anda tidak valid, maka kunjungi lah alamat web perusahaan tersebut dengan mengetik secara manual dan cobalah login seperti biasa yang anda lakukan.
  • Terakhir, jika Anda masih khawatir dengan akun Anda atau khawatir dengan informasi pribadi Anda, hubungi perusahaan secara langsung, baik melalui alamat e-mail atau melalui telepon.
Modus permasalahan yang dikirimkan oleh email phising biasanya
Berikut adalah beberapa masalah e-mail phishing yang mungkin ditanyakan untuk mengelabui pengguna.
  • Masalah akun , seperti akun atau kata sandi yang kadaluarsa, akun yang diretas, akun usang, atau informasi akun perlu diubah.
  • Kartu kredit atau informasi pribadi lainnya , seperti kartu kredit yang kadaluarsa atau dicuri, nomor jaminan sosial yang salah atau informasi pribadi lainnya, atau kartu kredit duplikat atau informasi pribadi lainnya.
  • Mengonfirmasi pesanan , seperti permintaan agar Anda masuk untuk mengkonfirmasi pesanan atau transaksi terkini.

Saya telah terjerumus oleh serangan phishing, apa yang harus saya lakukan?
Jika Anda terlambat membaca artikel ini dan telah jatuh ke sebuah serangan phishing,segera masuk ke akun Anda dari halaman perusahaan yang benar dan segera ubah kata sandi Anda. Selain itu, sebaiknya Anda memindai komputer Anda dari malware jika situs menginfeksi komputer Anda. Terakhir, jika perusahaan mendukung autentikasi dua faktor, sebaiknya juga mengaktifkan fitur ini di akun Anda.

Jika Anda yakin informasi pribadi Anda seperti nomor jaminan sosial, nomor kartu kredit, nomor telepon, alamat, atau nama lengkap Anda telah dicuri, sebaiknya anda memantau semua akun anda dari aktifitas yang mencurigakan.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon