Apa itu BIOS

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

AstronKomputer.comKependekan dari Basic Input / Output System, BIOS (diucapkan bye-oss) adalah chip ROM yang terletak di semua motherboard yang memungkinkan Anda mengakses dan mengatur sistem komputer Anda pada tingkat yang paling dasar. Pada gambar di bawah ini, adalah contoh seperti apa chip BIOS pada motherboard komputer Anda. 

Dalam contoh ini, ini adalah gambar AMIBIOS awal, sejenis BIOS yang diproduksi oleh AMI. Contoh bagus lain dari produsen BIOS adalah Phoenix.

BIOS berisi petunjuk tentang cara memuat perangkat keras komputer dasar dan termasuk tes yang disebut sebagai POST (Power On Self Test) yang membantu memverifikasi komputer memenuhi persyaratan untuk melakukan booting dengan benar. Jika komputer tidak melewati POST, Anda akan menerima kombinasi bunyi bip yang menunjukkan kerusakan pada komputer.
Empat fungsi utama BIOS PC
  • POST - Menguji perangkat keras komputer dan pastikan tidak ada kesalahan sebelum memuat sistem operasi. Informasi tambahan pada POST dapat ditemukan di halaman POST dan Beep Codes kami.
  • Bootstrap Loader - Mencari sistem operasi. Jika sistem operasi yang mumpuni berada, BIOS akan melewati kontrol terhadapnya.
  • Driver BIOS - Driver tingkat rendah yang memberikan kontrol operasional dasar komputer melalui perangkat keras komputer Anda.
  • BIOS atau CMOS Setup - Konfigurasi program yang memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan perangkat keras termasuk pengaturan sistem seperti password komputer, waktu, dan tanggal.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon