Cara Mengetahui Panjang Kabel LAN (UTP) tanpa mengukur

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga



AstronKomputer.comPada pembahasan kali ini saya membagi tips bagaimana cara mudah mengetahui ukuran kabel LAN (UTP) tanpa harus mengukurnya dulu dengan meteran.

Mengapa demikian? Ya itu berguna untuk mempermudah pekerjaan kita saat ingin mengetaui berapa panjang kabel yang kita miliki atau saat akan mengganti kabel disuatu tempat yang notabene nya kamu gak tau berapa ukuran kabel yang terpasang tersebut.

Sebagai contoh begini. Kamu dapat job buat ganti kabel LAN disebuah kantor, dan kebetulan yang memasang kabel tersebut awalnya bukan kita, jadi kita gak tau ni berapa ukuran kabel yang kita butuhkan untuk mengganti kabel tersebut.

Caranya adalah :
Sekarang coba kamu menuju ke salah satu ujung kabel tersebut dan disekitaran ujung kabel tersebut, kamu pasti akan melihat sederetan angka-angka yang mungkin kamu gak ngerti. Contoh seperti gambar dibawah ini.

Gambar 1
Gambar 2

Perhatikan gambar tersebut, terdapat angka 223M dan 207M. Tidak semua kabel memiliki indentifikasi angka yang sama. Intinya adalah, kamu cari angka yang seperi digambar atau juga angka yang disekitar tulisan Meters.. 
Setelah melihat angka disalah satu ujung kabel kemudian dicatat berapa angka yang kamu lihat tadi. Dan sekarang kamu menuju ke ujung kabel yang satu lagi, lakukan hal yang sama.

Setelah mendapatkan angka dari kedua ujung tersebut sekarang angka yang nilainya besar dikurangi nilai angka yang kecil. Untuk contoh gambar saya tersebut angka diujung satu adalah 223M dan yang satunya 207M.
223-207 = 16.
Hasilnya adalah 16, artinya kabel yang saya miliki panjangnya adalah 16 Meter.

Gampang kan?

Dari semua jenis kabel LAN yang sudah pernah saya dapatkan. Semua kabel ini memiliki angka ini, mungkin ada perbedaan dipenulisan dan letak angkanya saja, memang angka ini sudah disiapkan untuk kita mempermudah saat pengukuran, namun kadang kita sering mengabaikan informasi yang terlihat tidak begitu penting ini. Kalau untuk mengukur 1 atau 2 meter sich bisa manual pakai meteran. 

Tapi kalau udah puluhan bahkan mungkin ratusan meter apa mungkin kita masih mengukurnya pakai meteran?

Semoga bermanfaat
Jangan lupa Like, Share dan Komennya...