Apakah Smartphone bisa terinfeksi virus atau malware?

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga


AstronKomputer.com - Virus dan malware sering dikaitkan dengan komputer, seperti komputer desktop atau laptop. Namun, dengan meningkatnya popularitas dan penggunaan smartphone dan data pribadi yang dikandungnya, virus dan malware sudah mulai menargetkan smartphone. Meski kurang umum saat ini, smartphone bisa terinfeksi oleh program virus atau malware.

Bagaimana smartphone bisa terinfeksi?

Bad Apps
Cara yang paling umum bagi smartphone untuk terinfeksi adalah dengan mendownload aplikasi yang memiliki virus atau malware yang disematkan di dalam kode aplikasi. Saat aplikasi terpasang, virus atau malware menginfeksi sistem operasi smartphone, seperti OS Android atau iOS .

Lampiran Email
Mungkin juga ada e-mail untuk menginfeksi smartphone jika pengguna mencoba membuka lampiran pada smartphone mereka dan lampiran tersebut memiliki virus atau malware. Misalnya, lampiran PDF yang terinfeksi dapat menginfeksi smartphone.

SMS atau situs yang tidak baik
Taktik umum lainnya untuk menginfeksi smartphone dilakukan melalui SMS . Misalnya, kontak yang tidak diketahui bisa mengirimi Anda tautan yang akan dikunjungi yang akan mengirimi Anda lampiran yang terinfeksi, mencoba remote control, atau mencoba memasukkan informasi pribadi dari Anda.

Cara melindungi ponsel cerdas Anda dari terinfeksi

Cara terbaik untuk melindungi smartphone Anda adalah dengan hanya mendownload aplikasi dari sumber yang terpercaya. Google Play untuk ponsel Android, App Store untuk iPhone, dan Microsoft Store untuk Windows Phone adalah tempat terbaik untuk mendownload aplikasi. Aplikasi di toko online ini diperiksa terlebih dahulu dari virus dan perangkat lunak perusak dan kemungkinan besar menyebabkan masalah pada ponsel cerdas Anda sebelum di publikasikan.

Anda juga dapat mendownload dan menginstal aplikasi antivirus dan anti-malware untuk ponsel cerdas Anda. Misalnya, AVG AntiVirus tersedia untuk ponsel Android, Avast SecureMe untuk iPhone, dan Browser Aman Kaspersky adalah contoh aplikasi yang membantu melindungi ponsel cerdas dari infeksi virus dan malware.

Apakah benar iPhone tidak bisa terinfeksi?

Apple dan sumber lainnya menyatakan bahwa iPhone tidak dapat terinfeksi oleh virus atau malware. Sistem operasi iOS dirancang untuk membatasi akses ke fungsionalitas inti dan kemampuan untuk mengeksekusi tindakan dan kode yang akan berinteraksi dengan fungsionalitas inti. Dengan melakukan hal tersebut, membuat IOS lebih aman dan cenderung tidak terinfeksi. Namun, iPhone dan sistem operasi iOS tidak kebal, apalagi jika jailbreaking atau rooting digunakan untuk membuka kunci ponsel. Infeksi masih mungkin dilakukan, dan yang terbaik adalah berhati-hati dengan apa dan di mana Anda mendownload aplikasi untuk Smartphone anda.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon