Kapan komputer pertama ditemukan?


 
Baca Juga
Get Free Traffic

AstronKomputer.comTidak ada jawaban yang pasti untuk pertanyaan ini karena banyaknya klasifikasi komputer. Sejarah Komputer mekanis pertama, yang diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, tidak benar-benar menyerupai apa yang kebanyakan akan menjadi pertimbangan komputer saat ini, 

Kata "komputer" pertama kali digunakan
kata "komputer" pertama kali digunakan pada tahun 1613 dan awalnya digunakan untuk menggambarkan manusia yang melakukan perhitungan atau penghitungan. Definisi komputer tetap sama sampai akhir abad ke-19, ketika revolusi industri memunculkan mesin yang tujuan utama sedang diperhitungkan.

Konsep komputer mekanis pertama atau mesin komputasi otomatis
Pada tahun 1822, Charles Babbage mengkonseptualisasikan dan mulai mengembangkan Difference Engine, yang dianggap sebagai mesin komputasi otomatis pertama. The Difference  Engine mampu menghitung beberapa set angka dan membuat hard copy hasilnya. Babbage mendapat bantuan pengembangan Difference Engine dari Ada Lovelace, yang dianggap oleh banyak orang sebagai progammer komputer pertama untuk pekerjaan dan caratan tentang Difference Engine. Sayangnya, karena dana, Babbage tidak pernah bisa menyelesaikan versi fungsional penuh mesin ini. Pada buan juni 1991, London Science Museum menyelesaikan Difference Engine No 2 untuk tahun ke dua tahun kelahiran Babbage dan kemudian menyelesaikan mekanisme pencetakan pada tahun 2000.

Analytical Engine

Pada tahun 1837, Charles Babbage mengusulkan komputer mekanis umum pertama, Analytical Engine. Analytical Engine berisi Arithmetic Logic Unit (ALU), Flow Control Dasar, Kartu Punch (terinspirasi oleh Jacquard Loom), dan memori terintegrasi. Ini adalah konsep komputer umum pertama. Sayangnya, karena masalah pendanaan, komputer ini juga tak pernah dibangun semasa Charless Babbage masih hidup. Pada tahun 1910, Henry Babbage, putra bungsu Charles Babbage, mampu menyelesaikan sebagian dari mesin ini dan mampu melakukan perhitungan dasar.


Komputer Programmable pertama
Z1 diciptakan oleh Konrad Zuse Jerman diruang tamu orang tuanya antara tahun 1936 dan 1938. Komputer ini dianggap sebagai komputer biner elektro-mekanis pertama yang dapat diprogram, dan komputer modern pertama yang benar-benar fungsional.


Z1

Konsep pertama dari apa yang kita anggap komputer modern
Mesin turing pertama kali diusulkan oleh Alan Turing pada tahun 1936 dan menjadi dasar teori tentang komputasi dan komputer. Mesin itu adalah alat yang mencetak simbol pada pita kertas dengan cara meniru seseorang mengikuti serangkaian instruksi logis. Tanpa dasar ini, kita tidka akan memiliki komputer seperti yang kita gunakan saat ini.

Komputer Programmable listrik pertama
Colossus adalah komputer programmable elektrik pertama yang dikembangkan oleh Tommy FLowers, dan pertama kali ditunjukkan pada bulan Desember 1943. Colossus diciptakan untuk membantu pemecah kode Inggris untuk membaca pesan Jerman yang terenkripsi.

Colossus


Komputer Digital Pertama
Kependekan dari Atanasiff-Berry Computer, ABC mulai dikembangkan oeh profesor Jonh Vincent Atanasoff dan mahasiswa pascasarjana Cliff Berry pada tahun 1937. Pembangunannya berlanjut sampai 1942 di Iowa State College (sekarang Iowa State University)

ABC adalah komputer listrik yang menggunakan lebih dari 300 tabung vakum untuk perhitungan digital, termasuk matematika biner dan logika Boolean dan tidak memiliki CPU (tidak dapat diprogram). Pada tanggal 19 Oktober 1973, Hakim Federal AS Earl R. Larson menandatangani keputusannya bahwa paten ENIAC oleh J. Presper Eckert dan Jonh Mauchly tidak valid dan menamai Atanasoff sebagai penemu komputer digital elektronik.


ENIAC diciptakan oleh J.Presper Eckert dan Jonh Mauchly di University of Pennsylvania dan mulai dibangaun pada tahun 1943 dan tidak selesai sampai 1946. Ini menempati area sekitar 1.800 kaki persegi dan menggunakan sekitar 18.000 tabung vakum, dengan berat hampir 50 ton. Meski sang Hakim memutuskan bahwa komputer ABC adalah komputer digital pertama, banyak yang masih menganggap ENIAC sebagai komputer digital pertama karena fungsinya berfungsi penuh.

ENIAC


Komputer pertama dengan program tersimpan
Komputer inggris awal yang dikenal sebagai EDSAC dianggap sebagai komputer elektronik pertama dengan program tersimpan. Komputer melakukan perhitungan pertamanya pada tanggal 6 Mei 1949 dan merupakan komputer pertama yang menjalankan game komputer grafis pertama, yang dijuluki "Baby".
EDSAC


Di waktu yang sama, Mancherter Mark 1 adalah komputer lain yang bisa menjalankan program yang tersimpan. Dibangun di Universitas Victoria Manchester, versi pertama komputer Mark 1 mulai beroprasi pada bulan April 1949. Mark 1 digunakan untuk menjalankan sebuah program untuk mencari bilangan prima Mersenne selama sembila jam tanpa kesalahan pada tanggal 16 dan 17 juni ditahun yang sama.

Mancherter Mark 1


Perusahaan Komputer Pertama
Perusahaan Komputer pertama adalah Electronic Control Company dan didirikan pada tahun 1949 oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, individu yang sama yang membantu menciptakan komputer ENIAC. Perusahaan ini kemudian berganti nama menjadi EMCC atau Eckert-Mauchly Computer Corporation dan merilis serangkaian komputer mainframe dengan nama UNIVAC.

Program Komputer Pertama yang disimpan
Pertama kali dikirim ke pemerintahan Amerika Serikat pada tahun 1950, UNIVAC 1101 atau ERA 1101 dianggap sebagai komputer pertama yang mampu menyimpan dan menjalankan sebuah program dari memori.

UNIVAC 1101


Komputer komersil pertama
Pada tahun 1942, Konrad Zuse mulai mengerjakan Z4 yang kemudian menjadi komputer komersial pertama. Komputer itu dijual ke Eduard Stiefel, seorang matematikawan dari Institut Teknologi Federal Swiss Zurich pada tanggal 12 juli 1950.

Komputer pertama IBM
Pada tanggal 7 April 1953, IBM secara resmi memperkenal kan ke publik 701; Komputer ilmiah komersial pertamanya.

Komputer pertama dengan RAM
MIT memperkenalkan mesin Whirlwind pada tanggal 8 mare 1955, sebuah komputer revolusioner yang merupakan komputer digital pertama dengan RAM inti magnetik dan grafis real-time.

Whirlwind Machine



Komputer tansistor pertama
TX-O (Transistorized Experimental Computer) adalah komputer transistor pertama yang diperlihatkan di Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1956.
Transistor


Komputer mini pertama
Pada tahun 1960, Digital Equipment Corporation merilis komputer PDP nya yang pertama, PDP-1

Komputer Desktop pertama dan Pasar Massal
Pada tahun 1964, komputer desktop pertama, Programma 101, diluncurkan e publik di New York World's Fair. Itu ditemukan oleh Pier Giorgio Perotto dan diproduksi oleh Olivetti. Sekitar 44,000 komputer Programma 101 terjual, masing-masing dengan label harga $3,200.

Pada tahun 1968, Hewlett Packard mulai memasarkan HP 9100A, yang dianggap sebagai komputer desktop pertama yang dipasarkan secara massal.

Workstation pertama
Meskipun tidak pernah terjual, workstation perama dianggap sebagai Xerox Alto, diperkenalkan pada tahun 1974. Komputernya revolusioner untuk sementara waktu dan termasuk komputer, display, dan mouse yang berfungsi penuh. Komputer yang dioperasikan seperti kebanyakan komputer saat ini memanfaatkan jendela, menu dan ikon sebagai antarmuka untuk sistem operasinya. Banyak kemampuan komputer pertama kali ditunjukkan di The Mother of All demos oleh Douglas Engelbart pada tanggal 9 Desember 1968.

Mikroposesor pertama
Intel memperkenalkan mikroposesor pertama, Intel 4004 pada tanggal 15 November 1971.

Komputer mikro pertama
Insinyur Vietnam-Prancis, André Truong Trong Thi, bersama dengan Francois Gernelle, mengembangkan komputer Micral pada tahun 1973. Dianggap sebagai "komputer mikro" pertama, ia menggunakan prosesor Inter 8008 dan merupakan komputer komersial non-perakitan pertama, ini awalnya dijual seharga $1.750.

Komputer pribadi pertama
Pada tahun 1975, Ed Roberts mencipatakn istilah "komputer pribadi" saat memperkenalkan Altair 8800. Meskipun komputer pribadi pertama dianggap banyak orang adalah KENBAK-1, yang pertama kali diperkenalkan seharga $750 pada tahun 1971. Komputer mengandalkan serangkaian switch untuk memasukkan data dan data output dengan menyalakan dan mematikan serangkaian lampu.

Altair 8800


Laptop atau komputer jinjing pertama
IBM 5100
IBM 5100 adalah komputer portable pertama yang diluncurkan pada bulan September 1975. Komputer berbobot 55 pound atau 25 kg dan memiliki layar CRT lima inci, tape drive, prosesor PALM 1,9 MHz, dan RAM 64kb. 

Komputer atau laptop pertama yang dianggap benar-benar portabel adalah Osborne I, yang dirilis pada bulan April 1981 dan dikembangkan oleh Adam Osborne. Osborne I beratnya 24,5 pound (11,11kg), memiliki layar 5 inci, memory 64kb, dua 5 1/4 Flopy drive, menjalankan sistem operasi CP/M 2.2, termasuk modem, dan berharga $1,795.

IBM PC Division (PCD) kemudian merilis IBM portable pada tahun 1984, komputer jinjing pertamanya yang beratnya mencapai 30pound (13,5kg). Kemudian pada tahun 1986, IBM PCD mengumumkan itu adalah komputer laptop pertama, PC Convertible, dengan berat 12 pound (5,4kg). Ahirnya, pada tahun 1994, IBM memperkenalkan IBM Thinkpad 775CD notebook pertama dengan CD-ROM yang terintegrasi.

Komputer Apple yang pertama
Apple I (Apple 1) adalah komputer Apple pertama yang dijual seharga $666.66. Kit komputer dikembangkan oleh Steve Wozniak pada tahun 1979 dan berisi prosesor 6502 8-bit dan memory 4kb, yang dapat diupgrade sampai 8 atau 48kb dengan menggunakan kartu ekspansi. Meskipun Apple I memiliki papan sirkuit yang terpasang penuh, kit masih memerlukan catu daya, display, keyboard dan case untuk operasional.

Apple I


Komputer pribadi IBM yang pertama
IBM memperkenalkan komputer pribadi pertamanya yang disebut IBM PC pada tahun 1981. Komputer itu diberi kode bernama dan masih kadang-kadang disebut sebagai Acorn dan memiliki prosesor 8088, memori 16kb, yang dapat diupgrade sampai 256 kb dan menggunakan MS-DOS.

IBM PC


PC Kloning pertama
Compaq Portable dianggap sebagai kloning PC pertama dan diluncurkan pada bulan maret 1983 oleh Compaq. Compaq portable 100% kompatibel dengan komputer IBM dan mampu menjalankan perangkat lunak apapun yang dikembangkan untuk komputer IBM.


Komputer Multimedia pertama
Pada tahun 1992, Tandy Radio Shack menjadi salah satu perusahaan pertama yang merilis komputer berdasarkan standar MPC dengan diperkenalkannya komputer M2500 XL/2 dan M4020 SX.

Perusahaan Komputer besar lainnya.
Commodore -Pada tahun 1977, Commodore memperkenalkan komputer pertamanya "Commodore PET"
Compaq -Pada bulan Maret 1983, Compaq merilis komputer pertamanya dan 100% kompatible dengan komputer IBM pertama,"Compaq Portable"
Dell -Pada tahun 1985, Dell memperkenalkan komputer pertamanya "Turbo PC"
Hewlett Packard -Pada tahun 1966, Hewlett Packard merilis komputer umum pertamanya, "HP-2115"
NEC -Pada tahun 1958, NEC membangun komputer pertamanya "NEAC 1101"
Toshiba -Pada tahun 1954, Toshiba mengenalkan komputer pertamanya, komputer digital "TAC"

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon