Kriptografi kuantum (Quantum cryptography)


 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga
loading...

Kriptografi kuantum
AstronKomputer.com - Kriptografi kuantum adalah penggunaan komputer kuantum untuk melakukan tugas kriptografi . Ini pertama kali diusulkan pada awal 1970-an oleh fisikawan Stephen Wiesner di Universitas Columbia dan sejak itu dikembangkan oleh para periset di seluruh dunia.

Kriptografi adalah praktik dan studi manipulasi data sehingga bisa disimpan dan ditransmisikan tanpa dibaca oleh siapa pun yang tidak bermaksud melihat datanya, bahkan jika mereka mendapatkan atau mencegatnya.

Komputer kuantum adalah alat yang menggunakan fenomena mekanika kuantum seperti superposisi dan belitan untuk melakukan operasi pada data. Komputer digital konvensional menggunakan sirkuit elektronik pada sepiring bahan semikonduktor (misalnya silikon) untuk mewakili digit biner (bit), masing-masing dalam keadaan 1 atau 0 . Sebaliknya, komputer kuantum menggunakan qubit yang dapat mewakili "superposisi" dari kedua 1 dan 0 , secara bersamaan.


D-Wave Quantum Computer


Bidang komputasi kuantum pertama kali diusulkan pada tahun 1969 , dan diperkenalkan secara resmi pada tahun 1980 oleh Yuri Manin dan pada tahun 1982 oleh Richard Feynman . Pada tahun 2014, komputasi kuantum masih dalam tahap awal, dengan eksperimen menghasilkan perhitungan pada sejumlah kecil qubit. Pada tanggal 9 Desember 2015 Google mempresentasikan temuannya bahwa menggunakan komputer kuantum D-Wave, ia mampu memecahkan beberapa masalah 100 juta kali lebih cepat daripada sistem konvensional.

Keuntungan menggunakan komputer kuantum untuk kriptografi, dan bukan komputer klasik, timbul dari sifat inheren komunikasi mekanika kuantum. Misalnya, dalam sistem informasi kuantum, tidak mungkin mengamati data tanpa mengubahnya, sehingga menguping tidak mungkin dilakukan. Jenis kerahasiaan kriptografi dijamin ini disebut sebagai keamanan tanpa syarat .

Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan telah membangun komputer kuantum portabel yang mentransmisikan data yang dikodekan menggunakan sinar terpolarisasi dari cahaya.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon