Apa itu BSoD (Blue Screen of Death)

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

AstronKomputer.com - BSoD adalah singkatan dari Blue Screen of Death atau biasa disebut bluescreen atau bugcheck di Micosoft Windows NT, 2000 dan XP. BSoD merupakan pesan kesalahan (error) layar biru yang dihasilkan oleh Windows.
Berikut adalah beberapa contoh bagaimana BSoD dapat muncul di Windows XP.



Bluescreen paling sering ditemui dan dihubungkan dengan komputer yang menggunakan Microsoft Windows. Namun, sistem operasi lain seperti Apple Macintosh juga bisa memunculkan bluescreen kosong, yang juga disebut sebagai BSoD. Komputer Apple yang memunculkan bluescreen menunjukkan bahwa hard drive (harddisk) sudah dalam kondisi yang tidak baik.

Mengapa pesan BSoD muncul di Windows?
Kesalahan bluescreen Windows terjadi saat sebuah program menemukan kesalahan (error). Biasanya kesalahan ini disebabkan oleh kesalahan dalam pemrograman seperti mencoba memanggil sesuatu yang tidak ada atau melakukan sesuatu yang tidak diperbolehkan. Kesalahan ini juga bisa terjadi saat perangkat keras kompouter mengalami masalah atau sudah dalam kondisi yang tidak baik.

Apa yang harus kita lakukan bila muncul bluescreen?
Catat bagian penting dari pesan kesalahan tersebut. Pesan kesalahan biasanya panjang karena mereka menunjuk ke lokasi kesalahan, yang biasanya tidak diperlukan. Catat salah satu informasi yang disebutkan dibawah ini yang terdapat pada pesan bluescreen. 
  • Jika pesan yang muncul seperti Pada contoh gambar pertama diatas, catat pesan kesalahan yang muncul di awal kalimat informasinya, contohnya "An exception 06 has occurred at 0028:c183ADC"
  • Jika pesan kesalahan memiliki teks dengan garis bawah, tuliskan pesan dengan underscore, contohnya pada gambar kedua "BAD_POOL_HEADER".
  • Jika terdapat pesan STOP: error, catat bagian pertama pesan tersebut misalnya "STOP: 0x00000019" seperti pada gambar kedua diatas.
  • Jika ada puluhan file yang muncul dalam pesan error, tuliskan ekstensi file yang muncul tersebut seperti .SYS, .EXE, .VXD, seperti contoh gambar diatas.
Untuk selanjutnya anda bisa menanyakan pesan kesalahan tersebut kepada Admin atau teknisi komputer anda dengan menyebutkan contoh pesan yang sudah dicatat diatas, atau anda juga bisa mencarinya di internet dengan menyebutkan pesan kesalahan tersebut.

Bagaimana cara me-restart komputer yang bluescreen?
Jika kompute tidak restart otomatis saat muncul pesan bluescreen, tekan dan tahan tombol CTRL + ALT bersamaan kemudian tekan tombol DEL beberapa kali sampai komputer restart. Jika komputer tidak merespon tombol ini, tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik sampai komputer mati atau tekan tombol restart jika ada. Setelah komputer mati, komputer dapat dinyalakan kembali.