Berapakah suhu prosesor komputer yang aman?

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Prosesor
AstronKomputer.comSuhu operasi prosesor yang sesuai bergantung pada pabrikannya, kecepatan clock, tempat sensor berada, dan program apa yang sedang dijalankan saat ini. Namun saya akan memberikan gambaran umum tentang suhu yang normal dalam kondisi tertentu. 

Kebanyakan prosesor desktop saat ini tidak boleh melebihi suhu 35°C dan umumnya berjalan antara 21°-32°C. Berikut adalah daftar rata-rata suhu untuk setiap tipe prosesor yang berbeda-beda. 

Prosesor Suhu Rata-rata
AMD A6 45°C - 57°C
AMD A10 50°C - 60°C
AMD Athlon 85°C - 95°C
AMD Athlon 64 45°C - 60°C
AMD Athlon 64 X2 45°C - 55°C
AMD Athlon 64 Mobile 80°C - 90°C
AMD Athlon FX 45°C - 60°C
AMD Athlon II X4 50°C - 60°C
AMD Athlon MP 85°C - 95°C
AMD Athlon XP 80°C - 90°C
AMD Duron 85°C - 95°C
AMD K5 60°C - 70°C
AMD K6 60°C - 70°C
AMD K6 Mobile 75°C - 85°C
AMD K7 Thunderbird 70°C - 95°C
AMD Opteron 65°C - 71°C
AMD Phenom II X6 45°C - 55°C
AMD Phenom X3 50°C - 60°C
AMD Phenom X4 50°C - 60°C
AMD Sempron 85°C - 95°C
Intel Celeron 67°C - 85°C
Intel Core 2 Duo 45°C - 55°C
Intel Core i3 50°C - 60°C
Intel Core i5 50°C - 62°C
Intel Core i7 50°C - 65°C
Intel Pentium II 65°C - 75°C
Intel Pentium III 60°C - 85°C
Intel Pentium 4 45°C - 65°C
Intel Pentium Mobile 70°C - 85°C
Intel Pentium Pro 75°C - 85°C

Bagaimana cara mengetahui jika suhu prosesor terlalu panas?
Jika prosesor terlalu panas, Anda akan melihat satu atau lebih situasi dibawah ini. Sering kali masalah ini akan dihadapi saat menjalankan program terutama saat memainkan game.
Memaksa penggunaan komputer dengan suhu yang berlebih akan mengurangi umur hidup prosesor. 

Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kondisi suhu prosesor?
Semakin dingin prosesor saat bekerja, semakin besar performa yang akan kita dapatkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga suhu prosesor tetap dingin.

  1. Jaga agar komputer tetap bersih - Dengan debu, kotoran dan rambut dari waktu ke waktu dapat berkembang dan mencegah udara masuk atau keluar. Pastikan bersihkan semua chasing dan ventilasi dengan benar.
  2. Memperbaiki Lingkungan Komputer - Pastikan komputer ditempatkan di tempat yang baik. Jangan meletakkan komputer dalam ruangan tertutup seperti laci atau lemari kecuali banyak ventilasi ditempat tersebut. Jangan letakkan komputer di tempat yang sempit, setidaknya harus ada ruang dua inci di kedua sisi dan juga di bagian depan dan belakang komputer.
  3. Pastikan semua Kipas Pendingin di komputer bekerja - Beberapa motherboard dan komputer memiliki monitor kipas yang menampilkan RPM masing-masing kipas utama di komputer dan pastikan itu semua berfungsi dengan baik. Jika tidak, anda perlu memeriksa masing-masing kipas dan mencari masalah yang terjadi, apalah kipas tersebut berputar atau terdengan suara yang abnormal.
  4. Pasta Termal - Jika prosesor atau kipas telah diganti atau diperbaiki, langkah selanjutnya dalah membersihkan pasta termal yang lama dan menggantinya dengan pasta termal yang baru, pasta termal berfungsi untuk membantu mentansfer panas dari prosesor.
  5. Kipas pendingin tambahan - Pertimbangkan untuk memasang kipas pendingin tambahan. Hampir semua komputer akan disertakan dengan heat sink dan kipas, serta kipas chasing. Pasang kipas pendingin tambahan di chasing komputer dengan arah salah satu kipas bertugas mengeluar kan udara panas didalam komputer dan yang lainnya memasukkan udara dingin kedalam komputer. Ini akan sangat membantu sirkulasi udara baik udara masuk atau keluar dengan lebih maksimal.
  6. Gunakan Kipas yang Bagus - Kebanyakan komputer dan prosesor disediakan dengan kipas yang murah guna untuk mengurangi pengeluaran biaya. Namun ini akan berdampak buruk pada komputer karena kipas yang digunakan kinerjanya kurang baik. Jadi pastikan anda rela sedikit berkorban untuk mengeluarkan biaya sedikit lebih untuk mendapatkan Kipas yang memiliki kualitas yang lebih baik. Dengan menggunakan kipas yang berkualitas baik maka kinerja yang akan kita dapatkan tentunya juga akan lebih baik bagi perangkat komputer kita.
  7. Solusi Alternatif - Bagi pengguna komputer yang memiliki hobi overcloking atau membutuhkan kinerja komputer yang lebih seperti untuk bermain game atau desain grafis, cobalah untuk mempertimbangkan solusi alternatif seperti menggunakan pendingin berpendingin air untuk menjaga prosesor tetap dingin.