Cara mengatasi Komputer restart tiba-tiba tanpa peringatan


 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga
loading...

AstronKomputer.com - Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini, berikut kami ulas beberapa masalah yang umumnya terjadi dan sering kami jumpai, silahkan untuk mengikuti satu per satu langkah-langkah yang akan dijelaskan dibawah ini.

Masalah atau kesalahan perangkat lunak
Sejak diluncurkannya Windows XP, Microsoft merancang Windows untuk reboot secara otomarit setiap kali terjadi kesalahan, seperti BSoD. Meskipun ini mungkin baik untuk kesalahan yang tidak sering terjadi, beberapa pengguna yang memiliki masalah ini dan terjadi kesalahan berulang mungkin ingin mengindentifikasi kesalahan yang terjadi dan mencoba memecahkan masalah ini. Berikut cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini pada Windows xp, Vista, 7 dan 8.

  1. Di Desktop, klik kanan di My Computer.
  2. Klik opsi Properties
  3. Di jendela System Properties, klik tab Advanced atau Advanced system Settings.
  4. Di Advanced, klik tombol Settings dibawah Startup and Recovery
  5. Di Jendela Startup and Recovery, hilangkan centang di Automatically restart.
  6. kemudian klik OK

Untuk saat ini, jika komputer mendapati adanya eror, seharusnya komputer tidak restart secara otomatis, tetapi akan menampilkan pesan kesalahan, kemungkinan besar BSoD.

Masalah atau kesalahan perangkat keras
Perhatian: Beberapa langkah dibawah ini mengharuskan Kamu untuk membongkar komputer. Berhati-hatilah saat mengerjakannya.
Setiap komponen perangkat keras yang gagal di komputer dapat menyebabkan komputer tiba-tiba menghasilkan kesalahan dan reboot tanpa peringatan. Jika Kamu baru saja menambahkan sebuah perangkat keras baru, coba lepaskan perangkat baru tersebut untuk memastikan tidak ada masalah pada perangkat baru tersebut.

Pastikan tidak ada masalah pada perangkat keras atau kesalahan dalam pemasangan, cobalan untuk membaca kembali buku manual komputer kamu.

Driver perangkat keras juga dapat menyebabkan masalah ini, jika anda baru saja menginstall driver perangkat keras baru, cobalah untuk mengupdate driver perangkat keras tersebut ke versi terbaru. 

Jika Komputer masih tetap restart tiba tiba, kemungkinan Memori di komputer sudah tidak bagus, cobalah untuk mengujinya dengan memori yang lain.

Perangkat keras yang tidak terpasang dengan benar dikomputer juga bisa menyebabkan reboot tiba-tiba, pastikan semua kabel dan kartu ekspansi terhubung dengan benar. Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan melepaskan dan memasangkan kembali semua kabel dan kartu ekspansi.

Virus Komputer
Beberapa virus komputer, seperti virus blaster, dirancang untuk me-reboot komputer secara tiba-tiba. Biasanya virus ini membuat komputer dihidupkan ulang setiap 5,10,15 atau 30 menit setelah komputer dinyalakan.

Jika Anda yakin komputer terinfeksi virus, pastikan program antivirus terinstal dikomputer dan sudah diupdate. Kemudian lakukan pemindaian secara menyeluruh terhadap sistem operasi anda.

Masalah Panas.
Sebagian besar komputer saat ini dirancang untuk Turn off atau reboot otomatis jika prosesor, kartu Grafik atau perangkat lain dikomputer terlalu panas. Jika anda pernah mendengar suara yang tidak biasa dari komputer baru baru ini, itu bisa menjadi pertanda bahwa kipas angin sudah tidak berfungsi dengan baik yang menyebabkan komponen perangkat keras menjadi terlalu panas.

Pastikan kipas terhubung dengan baik pada catu daya, dan coba perhatikan perputaran kipas apakah berputar dengan baik dan lancar, jika tidak anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Jika ada, anda bisa menggunakan Temperature Gun untuk mengecek suhu komponen tersebut.

Untuk pengguna laptop, ada juga kipas yang terletak di salah satu sisi laptop yang bisa dicek. Pastikan kipas ini meniupkan udara dari laptop dan periksa apalah anda merasakan udara panas yang berasal dari laptop. Anda juga bisa menggunakan Pendingin tambahan untuk laptop jika anda merasa laptop anda sering panas.

Masalah dengan Sistem Operasi
Jika setelah mengikuti langkah-langkah diatas, komputer masih tetap reboot, mungkin terdapat masalah dengan sistem operasi MS Windows. Untuk membatu menentukan masalahnya, cobalah langkah-langkah dibawah ini :

  • Reboot komputer dan masuklah ke pengaturan CMOS (BIOS).
  • Biarkan komputer hidup untuk beberapa menit.

Jika komputer tidak reboot saat berada di pengaturan CMOS dan anda sudah mencoba langkah-langkah diatas. Anda bisa melakukan recovery dan merestore pada titik pemulihan sebelumnya diwindows sebelum masalah terjadi. Atau bisa melakukan install ulang sistem operasinya.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon