Cara mudah melindungi file dan folder di Windows dengan password

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Cara mudah melindungi file dan folder di Windows dengan password

AstronKomputer.com - Karena sebagian besar semua versi Windows tidak menyertakan metode kata sandi untuk melindungi file dan folder anda, pada artikel kali ini kami akan memberitahukan langkah-lagkah untuk mengenkripsi file dan folder anda. Untuk melindungi file dan folder anda di windows, diperlukan program pihak ketiga.
Sebelum melakukan enkripsi dokumen anda, pastikan untuk membuat cadangan file dan foler yang tidak di enkripsi jika sewaktu-waktu anda lupa kata sandinya di masa mendatang.
Untuk pengguna Microsoft Windows Vista, 7, 8 dan 10
Sayangnya, Windows Vista, 7, 8 dan 10 tidak menyediakan fitur untuk melindungi file dan folder dengan kata kunci. Anda perlu menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga untuk melakukannya.

  • Berikut adalah langkah-langkahnya
  • Pilih file atau folder yang ingin di enkripsi
  • Klik kanan pada file atau folder dan pilih Properties
  • Pada tab General, klik tombol Advanced
  • Centang pada bagian opsi "Encrypt contents to secure data".
  • Klik Apply dan kemudian OK

Jika opsi "Encrypt contents to secure data" tidak dapat di pilih dan berwarna abu-abu atau anda sama sekali tidak melihat opsi ini, kemungkinan anda memiliki versi Windows yang tidak mendukung fitur ini, atau kemungkinan juga hard drive tempat file berada tidak diformat sebagai NTFS, karena ini adalah persyaratan untuk fitur enkripsi ini.
Untuk Pengguna Windows XP Profesional
Langkah berikut untuk mengenkripsi file di Windows XP Profesional bagi pengguna yang memiliki dua akun atau lebih. Jika anda menggunakan satu akun, berikut langkahnya.
  • Pilih file atau folder yang akan di enkripsi
  • Klik kanan pada file atau folder dan klik Properties
  • Pada tab General, klik tombol Advanced
  • centang opsi "Encrypt contents to secure data"
  • Klik Apply dan kemudian OK

Anda tidak akan diminta memasukkan kata sandi saat mengenkripsi folder di Windows XP Pro. Namun, akun pengguna lain dikomputer tersebut tidak akan bisa mengakses file atau folder yang terenkripsi tersebut.

Jika Anda menggunakan Windows XP Home, 

menampilkan "Encrypt" pada menu konteks

Versi terbaru TweakUI juga memungkinkan anda untuk menampilkan opsi Encrypt dalam menu konteks. Untuk melakukannya, berikut langkah-langkahnya
  • Buka TweakUI
  • Di jendela TweakUI, pilih Explorer
  • Disisi kanan jendela dibawah Settings, cari Show 'Encrypt' on context menu dan klik centang. Opsi ini seharusnya dapat anda lihat dibawah Prefix 'shortcut to' on new shortcuts dan diatas 'View workgroup computers' in NetPlaces.

Cara enkripsi file atau folder
  • Pilih file dan folder yang akan di enkripsi
  • Klik kanan file atau folder dan klik Properties
  • Klik tab Sharing
  • centang kotak Make this folder private
  • klik Apply dan OK

Make this folder private berwarna abu-abu
Untuk menggunaka opsi ini pada Windows XP Home, sistem anda harus memenuhi beberapa syarat berikut
  1. Harddisk harus diformat di NTFS dan bukan FAT32
  2. Folder yang akan di enkripsi adalah folder pribadi Anda.
  3. Misalkan, jika nama anda Andi, anda harus mengenkripsi folder berikut atau yang berada didalamnya "C:\Documents and Settings\Andi\ ". Anda tidak dapat mengenkripsi folder apapun diluar folder ini. 

Jika anda ingin mengenkripsi folder diluar folder ini, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Solusi lain untuk mengamankan file dan folder di Windows
File dan Folder tidak sering digunakan - Cara mudah untuk melindungi password file adalah dengan membuat arsip file menggunakan alat kompresi. Saat arsip dibuat, anda bisa mengenkipsi isinya dengan menggunakan kata sandi.

Pengguna Windows ME dan Windows XP - Windows ME dan XP hadir dengan utilitas kompresi mereka sendiri. Utilitas ini juga bisa digunakan untuk kompres dan proteksi file menggunakan kata sandi.

Pengguna Windows Vista dan 7 - Windows Vista dan 7 juga menyertakan utilitas kompresi. Namun proteksi password untuk file terkompresi tidak dimungkinkan tanpa menggunakan program aplikasi pihak ketiga.

Saat file dikompres, pengguna tetap dapat melihat daftar file dalam file terkompresi. Jika andaingin kedua nama file dan konten anda disembunyikan, pindahkan semua file ke dalam satu folder dan gunakan kata sandi untuk melindungi folder tersebut.

File dan Folder sering digunakan atau diakses - Jika anda perlu kata sandi untuk melindungi data yang sering anda gunakan, anda perlu menginstal program pihak ketiga yang memungkinkan anda melindungi file dan folder anda. Berikut adalah beberapa solusi gratis dan komersial.
  • 7-Zip - Zipping utility file dan folder gratis, yang juga mencakup kemampuan untuk melindungi file dan folder zip.
  • AxCrypt - Utilitas enkripsi gratis yang sangat baik yang memungkinkan pengguna mengenkripsi semua file dalam folder dan tidak membiarkan file tersebut dapat dilihat kecuali dengan memasukkan kata sandi.
  • Folder Guard - Versi komersial dari aplikasi proteksi password yang memungkinkan anda melindungi file, folder dan sumber daya windows lainnya
  • Protected Folder - Dengan sedikit biaya, ini adalah program aplikasi yang sangat bagus yang memungkinkan anda melindungi folder dengan kata sandi.

Hal yang perlu diingat saat akan mengenkirpsi file atau folder anda.
  1. Tidak ada yang namanya file terlindungi 100%. Ada banyak alat, utilitas dan petunjuk cara memecahkan enkripsi dan kata sandi file. Namun, metode perlindungan yang tercantum diatas akan melindungi file anda dari sebagian besar pengguna yang mungkin menemukannya. Jika anda bekerja dengan data yang sangat sensitif, kami menyarankan menggunakan produk komersial untuk melindungi file dan data anda.
  2. Meskipun file atau folder mungkin dilindungi kata sandi, namun tetap dapat dihapus (kecuali jika program pendukung memiliki kemampuan untuk melindungi file agar tidak dihapus). Selalu ingat untuk membackup semua file dan data anda, bahkan yang dilindungi oleh password.
  3. Jika anda lupa kata sandinya, kecuali jika anda bersedia meluangkan waktu untuk memecahkannya atau membayar orang lain untuk memecahkan kata sandinya, semua data di file atau folder akan hilang. Jadi, penting untuk membackup salinan file dan folder yang tidak di enkripsi dengan kata sandi, untuk jaga-jaga.


Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon