Definisi dan fungsi OMR

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

AstronKomputer.comAdalah kependekan dari Optical Mark Reading atau Optical Mark Recognition, OMR adalah proses mengumpulkan informasi dari manusia dengan mengenali tanda pada sebuah dokumen. OMR dilakukan dengan menggunakan perangkat keras (Scanner) yang mendeteksi refleksi atau transmitansi cahaya terbatas pada atau melalui selembar kertas.

OMR memungkinkan untuk memproses ratusan atau ribuan dokumen per jam. Misalnya, pada saat ujian akhir sekolah, jika anda ingat, siswa akan mengisi biodata dan jawaban nya dengan cara mengisi atau menghitamkan lingkaran  pada lembar jawaban dengan pensil. Setelah lembar jawaban selesai, guru dan asisten akan memasukkan lembar jawaban tersebut ke dalam mesin scanner yang akan mengumpulkan informasi dan nilai dari siswa dan hasilnya akan muncul di komputer.

Mengapa OMR disebut perangkat input?
Lembaran OMR sebenarnya bukanlah perangkat input namun adalah sebuah informasi yang dapat dibaca. Tetapi Scanner OMR yang membaca lembaran tersebut mengirim data (input) ke komputer, karena itulah dianggap sebagai perangkat input.

Note :
- Dilarang komentar spam
- Silahkan sisipkan alamat situs anda dengan syarat jangan gunakan link aktif atau komentarmu akan kami hapus

Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini.
EmoticonEmoticon