Definisi UPnP dan cara mengaktifkannya

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

AstronKomputer.comAdalah kependekan dari Universal Plug-and-Play, UPnP adalah arsitektur yang menyederhanakan jaringan dengan memungkinkan perangkat berkabel dan nirkabel berkomunikasi tanpa konfigurasi yang benar dan pengaturan minimal. Misalnya, memasukkan perangka UPnP ke komputer yang memiliki sistem operasi dengan dukungan UPnP berarti perangkat secara otomatis terdeteksi dan berfungsi.

Cara mengaktifkan UPnP di Windows

Untuk pengguna Windows 7,8 dan 10
  1. Buka Control Panel
  2. Klik Network and Internet
  3. Klik Network and Sharing Center
  4. Pada panel sebelah kiri, klik pada tautan Change advanced sharing setting.
  5. Di bagian Network Discovery, pilih opsi Turn on network discovery dan klik tombol Save changes.

UPnP Windows 7

UPnP saat ini akan otomatis dimulai saat komputer Anda dihidupkan.

Untuk Pengguna Windows Vista

Untuk mengaktifkan UPnP di Windows Vista, mulailah dengan membuka Jendela Control Panel. Cari dan klik ikon Network and Sharing Center.

Dibagian Sharing and Discovery, klik tombol panah di sebelah kanan pilihan Network discovery. Pilih opsi Turn on network discovery dan klik Apply.

UPnP Windows Vista

UPnP akan otomatis dimulai jika anda menghidupkan Komputer.

Untuk pengguna Windows XP

Untuk mengaktifkan UPnP di Windows XP, Anda harus terlebih dahulu memastikan perangkat Internet Gateway muncul di Network Connections dan router anda muncul di My Network Places.

Untuk perangkat pertama, buka jendea Network Connections. Anda bisa melakukannya dengan membuka Start > Run, ketik ncpa.cpl di kolom teks, lalu tekan Enter. Periksa untuk melihat apakah perangkat Internet Gateway sudah muncul seperti digambar dibawah ini.

Internet Gateway Windows xp


Untuk perangkat kedua, klik link My Network Places di jendela Network Connection (panel kiri, bagian other places). Periksa dan lihat apakah router anda sudah muncul.

Router Windows xp


Jika perangkat ini tidak muncul, Anda harus memastikan komponen yang benar terpasang pada Windows XP. Untuk memeriksa ini, masuk ke Start > Run, ketik appwiz.cpl dan tekan Enter.

Di jendela Add or Remove Programs, klik pada Add / Remove Windows Components pada panel sebelah kiri. Di Windows Components Wizard, gulir kebawah sampai anda menemukan Network Services. Pilih ini didaftar dan klik tombol Details. Pastikan pilihan Internet Gateway Device Discovery and Control Client dan UPnP User Interface dicentang dan klik tombol OK. kembali ke jendela Windows componen Wizard, klik tombol Next dan ikuti petunjuk untuk menginstal komponen baru.

Windows Components Wizard Windows xp


Sekarang anda bisa memulai mengaktifkan layanan UPnP. Untuk melakukannya, buka Start > Run, ketik services.msc dan tekan Enter.

Temukan opsi SSDP Discovery Service dan klik dua kali, saat jendela terbuka, pada tab General, pilih Automatic pada daftar drop-down Startup type dan klik OK.

Sekarang UPnP akan mulai otomatis saat anda menghidupkan komputer.