Bagaimana cara menjadi seorang teknisi komputer?

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Bagaimana cara menjadi seorang teknisi komputer?

AstronKomputer.comUntuk menjadi seorang teknisi komputer, ada beberapa hal penting yang harus anda miliki.

Memiliki pengetahuan dan Pemahaman tentang Perangkat keras Komputer
Pertama, sangat penting bahwa anda harus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang komponen yang membuat sebuah komputer.



Ini adalah komponen utama komputer, namun ada komponen lain, baik internal maupun eksternal. Memiliki setidaknya pengetahuan umum tentang komponen tambahan akan bermanfaat bagi teknisi komputer.

Penting juga untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang komponen dibawah ini karena juga merupakan penyebab umum masalah.




Mengetahui semua hal di atas membantu anda dalam mendiagnosis dan memperbaiki masalah komputer yang akan anda hadapi sebagai teknisi komputer.

Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang sistem operasi, perangkat lunak dan driver.

Tentu saja, semua perangkat keras itu sendiri tidak bisa melakukan apa-apa, karena itulah anda juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang sistem operasi komputer. Saat ini, sebagian besar pengguna menggunakan beberapa bentuk Microsoft Windows, itulah sebabnya anda harus mengetahui semua versi Windows terbaru. Jika anda berencana untuk mendukung komputer lain, seperti komputer Apple, anda juga perlu mengetahui sistem operasi MacOS. Juga, peru diingat bahwa beberapa bisnis dan perusahaan yang menjalankan situs web yang memerlukan dukungan mungkin juga memiliki distribusi Linux dan sistem operasi lainnya.

Selain memahami sistem operasi, mengetahui tentang perangkat lunak (software) populer itu juga bagus, karena kebanyakan pengguna memiliki pertanyaan tentang program sehari-hari ini.

Terakhir, driver komputer adalah sumber masalah umum lainnya sehingga memahami driver dan mengetahui cara menginstal dan menghapus driver sangat penting.

Pemahaman membangun, memperbaiki, dan mengupgrade komputer
Memiliki pengalaman dengan membangun, memperbaiki, dan mengupgrade komputer sangat dianjurkan, bahkan jika pengalaman itu didapat dengan mengerjakan komputer anda sendiri, atau teman dan keluarga. Bengkel komputer hampir selalu mencari tenaga teknisi yang memiliki beberapa pengalaman.

Sertifikasi
Meskipun bukan persyaratan, ini bisa membantu untuk mendapatkan Sertifikasi A+. Sertifikasi ini lebih membuktikan bahwa anda memiliki pemahaman tentang sistem komputer. Ini menunjukkan bahwa anda mengetahui komponen dan bagaiman memecahkan masalah umum yang muncul di komputer. Tes sertifikasi tidak terlalu mahal, dan investasi yang dilakukan dengan mengikuti tes dan mendapatkan sertifikasi dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan sebagai teknisi komputer dengan lebih mudah.

Pengalaman di dunia nyata.
Cara terbaik untuk belajar sesuatu, termasuk menjadi teknisi komputer, adalah pengalaman di dunia nyata. Relawan untuk membantu teman, keluarga, sekolah dengan pertanyaan komputer mereka. Saat membantu orang lain, anda akan menghadapi masalah yang belum pernah anda alami dan dengan mengatasi masalah tersebut, anda akan belajar cara memperbaikinya dan mempelajari trik yang membantu memperbaiki masalah tersebut. Berpartisipasi dalam forum online dan chatting juga merupakan cara yang baik untuk belajar dan melihat bagaimana orang lain memperbaiki masalah komputer.

Jika anda masih bersekolah, entah itu SMA atau perguruan tinggi, usahakan mendapatkan pengalaman melalui magang juga. Magang bisa menempuh perjalanan panjang untuk mendapatkan pekerjaan saat anda di luar sekolah, menunjukkan calon boss bahwa anda memiliki keinginnan kuat untuk menjadi teknisi komputer dan merupakan pengambilalihan.

Mengetahui cara menggunakan mesin pencari
terakhir, mengetahui bagaiman menggunakan mesin pencari di situs populer seperti, Astron Komputer dan Google, juga dapat membantu anda menemukan jawaban atas pertanyaan yang mungkin belum anda temukan. Anda harus terbiasa dengan semua tip dan trik menggunakan mesin pencari untuk saat-saat yang mungin anda tidak tahu jawabannya.