Definisi dan fungsi Slot AGP pada motherboard komputer

 
Protected by Copyscape
hosting terbaik
Baca Juga

Fungsi dan Definisi Slot AGP pada motherboard komputer
AstronKomputer.comAdalah kependekan dari Accelerated Graphics Port, AGP adalah port canggih yang dirancang untuk kartu video dan akselerator 3D. Dirancang oleh Intel dan diperkenalkan pada bulan Agustus 1997, AGP memperkenalkan saluran point-to-point khusus yang memungkinkan pengontrol grafis mengakses langsung ke memori sistem. berikut adalah contoh dari bentuk slot AGP yang ada pada motherboard komputer anda.
Slot AGP


Saluran AGP berukuran 32 bit dan berjalan pada 66 Mhz, yang merupakan bandwidth total 266 MBps dan jauh lebih besar daripada bandwidth PCI yang hanya 133 MBps. AGP juga mendukung dua mode opsional yang lebih cepat, dengan throughput 533 MBps dan 1,07 GBps. Ini juga memungkinkan tekstur 3D disimpan dalam memori utama daripada memori video.

AGP tersedia dalam tiga versi yang berbeda, versi AGP asli yang disebutkan di atas, AGP 2.0 yang diperkenalkan pada bulan Mei 1998, dan AGP 3.0 (AGP 8x) yang diperkenalkan pada bulan November 2000. AGP 2.0 menambahkan sinyal 4x dan mampu beroperasi di 1.5V dan AGP 3.0 mampu melipatgandakan kecepatan transfernya.

Letak AGP di motherboard.

Untuk saat sekarang ini, AGP telah digantikan oleh PCI Express.

Komputer dengan dukungan AGP memiliki satu slot AGP di samping semua slot ekspansi lainnya atau video AGP on-board. Jika anda membutuhkan lebih dari satu kartu video dikomputer, Anda dapat memiliki satu kartu video AGP dan satu kartu video PCI atau menggunakan motherboard yang mendukung SLI.

Tidak semua sistem operasi mendukung AGP karena terbatasnya dukungan driver, misalnya Windows 95 tidak mendukung AGP.