Masalah ELCO Mainboard komputer yang gembung dan pecah menyebabkan komputer blank saat direstart

Content Protection by DMCA.com
Beberapa hari yang lalu melakukan pengecekan sebuah komputer, kerusakannya adalah pada saat dihidupkan selalu masuk ke menu bios dan saat di restart komputer blank dan tidak menampilkan proses apapun. Dicoba beberapa kali tes tapi hasilnya tetap sama.
Pertama kali kami menduga kerusakan mungkin terjadi pada Batre CMOS nya, hal ini kami anggap mudah karena tinggal mengganti Batre CMOS nya saja. namun setelah kami ganti hasilnya tetap sama. 
Kami coba cara kedua dengan membersihkan setiap komponen komputer yang ada, tapi hasilnya tetap sama. Akhirnya kami menemukan mencoba satu cara ini :
 
Begini caranya :
  • Bongkar dan angkat mainboard dari chasingnya. lepaskan semua komponen yang melekat seperti Memory RAM, Prosessor dan Headsink, VGA Card dan Lan Card jika ada, dan lepaskan dari semua kabel yang terpasang baik itu kabel data, kabel power maupun kabel panel, 
  • Setelah dilepaskan mainboard dari yang lain, sekarang coba perhatikan ELCO 1500uF/6.3v untuk tegangan. biasanya elco tersebut gembung atau pecah, menyebabkan tegangan yang di alirkan tidak stabil. 

  • Untuk fungsi pasti dari elco tersebut kami juga kurang mengerti karena kami memang bukan khusus dari jururan elektronika, yang pasti, apabila ada elco yang gembung dan pecah. silahkan diganti dulu sebelum beli mainboard baru. ya mudah-mudahan masih bisa..
  • Ok, setelah dapat elco mana yang gembung dan pecah, selanjutnya cabut elco tersebut dengan menggunakan solder.
  • Setelah dicabut, cari elco yang ukuran nya sama dengan yang rusak, tidak boleh beda sedikit pun baik itu di uF atau di V nya. Di sangsikan nanti kalo di ganti dengan yang ukurannya beda akan berpengaruh terhapat ketidak stabilan arus tegangan yang di alirkan. 
  • Setelah anda mendapatkan elco yang ukurannya sama, biasanya elco ini ada nya di mainboard-mainboard soket 478 intel. karena memang kebetulan komputer rusak ini juga mainboard soket 478. Maka saran kami kalau saudara punya mainboard-mainboard komputer baik yang model baru atau model lama yang sudah rusak tidak hidup lagi, jangan langsung dibuang, komponen yang masih bagus masih bisa kita manfaatkan.
  • Pasangkan kembali elco yang baru tadi ke tempat elco yang rusak tadi, jangan sampai salah posisi ya, perhatikan posisi saat pemasangan elco, sesuai dengan yang lainnya. 

  • Bila kedapatan elco yang gembung atau pecah ukurannya beda dari yang di sebutkan diatas. ganti elco dengan ukuran sesuai dengan yang gembung.

Setelah elco diganti sekarang silahkan coba pasang dan hidupkan kembali komputernya.

Alhamdulillah punya kami berhasil…

Semoga artikel ini bermanfaat..
dan selamat mencoba.


Rating :

Bagikan :
  • Anonim

    tambah sebelum semasang elconya di cek dulu – dan + nya…^_^ jgn salah pasang nnti bisa konsletiny pd mainboard..thx

    Rating :
  • nambahin boleh kan. nilai elco terkadang sulit mencari yg sama, jadi nilai ufnya boleh mendekati dari nilai aslinya, tapi nilai voltnya ngga boleh lebih kecil !!! kalo lebih besar boleh. jadi boleh pake yg 10v.

    Rating :
  • Bener gan, ane nyari elco buat si. Ecs n Asrock susah juga cari yg bner2 sama.
    Tapi apa saran dari agan ini benar terbukti stabil gan?
    Mohon bantuannya gan?

    Rating :
  • Gan, gimana ya cara ganti elconya. Saya sudah pake Solder yg sala colokin sampe 15mnitan baru saya pake nyolder tu Elco, tapi tu timahnya kagak lentur sama sekali.
    Apakah solder saya tidak mumpuni untuk melelehkan timah pada MOBO?
    Ataukah ada solder khusus?

    Kalo pake solder Uap ( solder HP ) bisa gak yah?

    Mohon pencerahannya gan…

    Rating :
  • Nyoldernya memang harus sedikit bersabar gan.. saya juga kejadian seperti agan waktu saya ganti elco di Mobo saya.. Seharian malah saya solder baru bisa terangkat tu elco. apa lagi kalo Mobo kita yang punya jadul..
    Saran saya sech di coba terus solder aja gan, dan hati2 jangan sampai merusak jalur..
    Kalo pake solder uap belum pernah coba gan. tapi sangsi juga kalo pake solder uap nanti takutnya malah ngerusak jalur gan…

    Rating :
  • saya mau nnya GAn…layar PC komputer saya kan elco ya gelembung trus dah saya ganti elco ya trus layar ya hidup tapi gak lama layar ya mati lagi..trus saya cabut kabel power ya n saya colok lagi hidup lagi tapi gak lama mati lagi…nah itu apa ya GAN…..
    mohon saran ya…????

    Rating :
  • Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer Panggilan langsung hadir ke tempat anda berada.
    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll

    Bagaimana dengan biayanya ?
    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 120.000

    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami dan keluhkan segala masalahnya ke :
    081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF
    dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Rating :
  • Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "Masalah ELCO Mainboard komputer yang gembung dan pecah menyebabkan komputer blank saat direstart".
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di http://ps-elektronika.gunadarma.ac.id

    Rating :