Hardware pada Jaringan Komputer

Content Protection by DMCA.com
Dalam dunia biologi, kita mengenal istilah sel sebagai bagian terkecil dari makhluk hidup. kumpulan sel-sel yang akan membentuk jaringan. Oleh karena itu, muncul instilah jaringan sebagai kumpulan dari sel-sel yang sejenis.

Dalam dunia komputer, juga terdapat instilah jaringan komputer yang mengacu pada kumpulan dari dua atau lebih komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Dengan adanya hubungan ini, komputer-komputer yang berada dalam suatu jaringan juga dapat saling berbagi program dan pernagkat keras seperti printer, harddisk, webcame, dan sebagainya.

Berbeda dengan konsep jaringan dalam ilmu biologi, komputer-komputer yang berhubungan dalam suatu jaringan tidak harus sejenis. Komputer-komputer tersebut bisa saja memiliki sistem operasi yang berbeda, program-program aplikasi yang berbeda, bahkan tipe perangkat keras yang berbeda pula.

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika, dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell, dan grup riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken.

Secara umum, jaringan komputer didefinisikan sebagai kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Agar dapat mencapai tujuan bersama, setiap bagian jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client), dan yang memberikan layanan disebut pelayan (Server). Arsitektur ini disebut dengan sistem clien-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Setiap komputer, printer atau periperah yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, sepuluh, ribuan, atau bahkan jutaan node.

Dengan adanya jaringan komputer, pengguna dapat mendapatkan beberapa manfaat yang tidak bisa diperoleh lewat komputer yang bersifat berdiri sendiri (stand-alone). Adapun beberapa manfaat tersebut, antara lain :

a. Berbagi Sumber daya
Dengan adanya jaringan, managemen pembagian sumber daya, baik yang berupa data, informasi, maupun perangkat keras, dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Contohnya, komputer-komputer dalam jaringan dapat menggunakan sebuah printer secara bergantian untuk mencetak dokumen. 

b. Integrasi data
jaringan komputer memungkinkan kita untuk memperoleh data dari beberapa komputer sehingga akan menghasilkan data yang lebih akurat.  Disamping itu, kita juga dapat mengopi data ke beberapa komputer sekaligus. Dengan demikian, jika salah satu komputer rusak, kita masih dapat menggunakan data yang telah disimpan di komputer lain.

c. Sarana Komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan pengguna komputer-komputer yang ada di dalamnya dapat berkomunikasi, baik melalui sarana email, maupun telecoference. Contohnya, pimpinan perusahaan tidak perlu mengirim surat undangan pada semua stafnya, ia cukup mengirimkan undangan melalui jaringan komputer yang ada.

d. Efisiensi biaya
Dengan adanya jaringan komputer, biaya-biaya yang dikeluarkan untuk kepentingan operasional (seperti pembuatan undangan rapat, pembuatan laporan-laporan, pembelian perangkat keras) dapat dikurangi sehingga pengeluaran perusahaan dapat menjadi lebih efisien.
Sebuah jaringan yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lain memiliki beberapa perangkat keras yang dibutuhkan. Gambar dibawah ini menunjukkan perangkat keras yang dibutuhkan dalam membuat sebuah jaringan komputer.

Diagram Jaringan
Diagram Sebuah Jaringan

Referensi : PC Mild dan Windra Swastika (dosen Sistem informasi Universitas Ma Chung, Malang)

Berikutnya :    Bagian 2 | Bagian 3

Rating :

Bagikan :