Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Content Protection by DMCA.com

Dumpster

Kalau terbiasa pakai Windows, kamu pasti tak asing dengan Recycle Bin. Semua file dan folder yang kamu hapus dikirim ke sini. Dan kalau ternyata masih dibutuhkan, kamu bisa memulihkannya ke lokasi asalnya.
Di Android, fitur seperti ini tidak ada. Jadi setiap kali kamu menghapus apa pun, ya itu hilang selama-lamanya. Andai kamu tak sengaja menghapus sebuah foto atau file di ponsel atau tablet Android-mu, ucapkanlah selamat tinggal!

Eh tapi fitur Recycle Bin sebenarnya bisa dihadirkan di perangkat Android. Ada app pihak ketiga yang menyediakannya di Play Store. Salah satunya adalah Dumpster.

App besutan Baloota ini bekerja seperti recycle bin di komputermu. Maksudnya, kamu akan bisa memulihkan file-file gambar, musik, video dan tipe lain yang sudah kamu hapus. Jadi kalau tak sengaja menghapus sesuatu, kamu tak usah panik lagi deh.

Begini cara bikin fitur Recycle Bin di Android dengan Dumpster :

1.Unduh dan instal Dumpster dari Play Store pada ponsel atau tablet Android-mu.
Kunjungi link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.baloota.dumpster

2.Begitu terinstal, buka app tersebut dan iyakan ‘Terms and Conditions’.
Dumpster1
3.Di halaman setup awal, pilih semua tipe file yang ingin kamu pertahankan jika dihapus dan tap tombol ‘Next’.
Dumpster2
Catatan: Jika perangkat Android-mu sudah di-root, kamu bisa mengaktifkan opsi “Allow Root Access” agar app berjalan lebih baik.

4.Sekarang Dumpster sudah dikonfigurasi untuk menyelamatkan semua item yang dihapus dari perangkatmu. Andai kamu tak sengaja menghapus file-file-mu, aktifkan app Dumpster dan untuk mengembalikan item yang terhapus, pilih item tersebut dan tap tombol ‘Restore’. Nah, item itu akan muncul kembali deh.

Dumpster3
Rating :

Bagikan :