Definisi dan fungsi Broadcast

Content Protection by DMCA.com
AstronKomputer.comIstilah Broadcast dapat merujuk ke salah satu dari pengertian berikut ini :

Secara umum, untuk broadcast informasi adalah mengirimkannya ke banyak receiver. Misalnya, stasiun radio menyiarkan sinyal ke banyak pendengar, dan pelanggan TV digital menerima sinyal yang disiarkan oleh penyedia TV mereka

Dalam jaringan komputer, Broadcast adalah proses pengiriman paket data ke banyak penerima sekaligus. Misalnya, jaringan area lokal dapat dikonfigurasi sehingga perangkat apapun di jaringan dapat menyiarkan pesan ke yang lain.

Broadcast


Bila perangkat jaringan ingin menyiarkan, ia mentransmisikan paket data ke alamat broadcast jaringan. Perangkat keras jaringan, seperti router atau switch, mereka melakukan pekerjaan pengiriman paket  ke setiap perangkat lain dalam grup. Grup perangkat yang memenuhi syarat disebut domain broadcast.

Jenis komunikasi ini juga disebut all-to-all, karena setiap perangkat bisa mentransmisikan pesan secara simultan ke setiap perangkat lain.

Jaringan broadcast didukung oleh IPv4, protokol jaringan yang digunakan oleh sebagian besar Internet saat ini. Namun, protokol IPv6 yang lebih baru memberhentikan pernyiaran yang mendukung multicasting.

Broadcast adalah salah satu dari lima teknik utama untuk mengarahkan lalu lintas jaringan komputer. Adapun yang lainnya adalah unicast , multicast , anycast , dan geocast .

Didalam jaringan Wi-Fi, Broadcast berarti mengizinkan perangkat nirkabel lainnya untuk dapat memindai dan memakai akses dari sebuah jaringan Wi-fi dengan cara menyiarkan SSID mereka. itulah alasan anda bisa melihat nama jaringan Wi-Fi tetangga saat perangkat anda memindai jalur akses nirkabel.

Perangkat keras Wi-fi dapat dikonfigurasi untuk tidak menyiarkan SSID. Dalam kasus ini, jaringan Wi-fi disebut jaringan tersembunyi. Perangkat nirkabel masih dapat terhubung ke jaringan tersembunyi jika pengguna secara manual memasukkan nama jaringan.

Rating :

Bagikan :