Definisi dan fungsi Multicast

Content Protection by DMCA.com
AstronKomputer.comMulticast adalah metode perutean data pada jaringan komputer yang memungkinkan pengirim tunggal, atau sekelompok pengirim, untuk berkomunikasi secara efisien dengan sekelompok receiver.

Multicasting mendukung one-to-many routing , di mana satu perangkat mengirimkan data ke sekelompok perangkat. Ini juga mendukung routing many-to-many , di mana sebuah kelompok mengirimkan data ke grup.

Multicast


Multicasting adalah satu dari lima teknik utama untuk routing data pada jaringan komputer. Adapun Yang lainnya adalah unicast , broadcast , anycast , dan geocast .

Multicasting lebih efisien daripada penyiaran karena dapat menargetkan perangkat tertentu, bukan keseluruhan segmen jaringan. Hal ini mengurangi penggunaan jaringan dan sumber daya pemrosesan yang tidak perlu.

Metode multicasting
Dalam multicasting IP , perangkat menggunakan pesan IGMP untuk bergabung atau meninggalkan grup multicast . Setiap paket data yang dikirim ke alamat multicast untuk grup tersebut didistribusikan oleh perangkat keras jaringan ke semua anggota grup.

Sebuah alternatif untuk multicasting IP adalah application-layer multicasting , di mana perangkat lunak melakukan multicasting dengan menggunakan metode sendiri, terlepas dari dukungan pada tingkat perangkat keras.

Rating :

Bagikan :