Printer Inkjet vs Printer Laser

Content Protection by DMCA.com

AstronKomputer.comBagi konsumen umum, saat membeli printer, pilihan dasarnya adalah apakah akan mendapatkan printer inkjet atau printer laser. Kedua pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan, yang perlu dipertimbangkan berdasarkan fitur dan fungsionalitas yang dibutuhkan oleh konsumen.

Printer inkjet

Ada beberapa jenis printer inkjet yang tersedia

  • Printer dokumen dasar
  • Printer Foto
  • Copier / Scanner / Printer (All-in-one)

Jika anda memerlukan printer untuk mencetak dokumen dasar saja, dengan atau tanpa warna, seperti dokumen Word, spreadsheet Excel, halaman web, atau pesan E-mail, printer dokumen cukup memadai untuk pekerjaan ini. Printer inkjet adalah yang paling murah, biasanya harganya dibawah 1juta.

Jika Anda tertarik untuk mencetak foto berukuran hingga 8 x 10 dan membutuhkan foto berkualitas tinggi, printer foto adalah pilihan terbaik. Kebanyakan printer foto dapat mencetak foto dengan resolusi yang relatif tinggi dan bisa berkali-kali terlihat sama baiknya dengan foto yang dicetak oleh bisnis percetakan foto profesional.

Jika Anda memerlukan kemampuan untuk membuat salinan dokumen dan memindai dokumen atau foto ke dalam komputer, serta cetak dokumen, printer All-in-one adalah pilihan terbaik. Beberapa printer All-in-one mungkin juga dilengkapi kemampuan faks dan document feeder built-in juga, yang memungkinkan pengguna untuk menyalin dokumen multi halaman, seperti mesin fotokopi besar.

Kelebihan dan Kekurangan printer inkjet
Printer inkjet memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan saat akan membelinya.

Kelebihan

  • Ukuran yang lebih kecil – Sebagian besar printer inkjet relatif kecil dan bisa muat di tempat yang sempit. Printer injet All-in-one sedikitlebih besar namun biasanya lebih kecil dari printer laser dan jauh lebih kecil dari mesin fotokopi besar.
  • Biaya Rendah – printer inkjet secara keseluruhan memiliki label harga yang lebih rendah daripada printer laser. Bila sewaktu-waktu nanti, printer ini juga lebih murah untuk diganti dengan membeli printer baru jika rusak.
  • Kartrid Tinda yang lebih murah – Tinta kartrid untuk printer inkjet telah menjadi lebih murah harganya dalam beberapa tahun terakhir. Seringkali harganya sampai setengah harga kartrid toner laser.
  • Lebih mudah mengganti kartrid – Mengganti kartrid tinta dalam printer inkjet sangan cepat dan mudah dilakukan.
  • Kualitas foto yang sangat baik – Printer inkjet yang dikhususkan untuk pencetakan foto dapat menghasilkan hasil yang menakjubkan, mencetak gambar dengan warna yang hidup, kontras tinggi, dan hampir tidak ada pexelation. Hampir tidak perlu pergi ke percetakan foto untuk mencetak foto Anda.

Kekurangan

  • Penggunaan tinta kurang efisien – Printer inkjet memiliki biaya per halaman yang lebih tinggi saat mencetak, karena penggunaan tinga yang agak tidak efisien. Bila dibandingkan dengan printer laser yang jauh lebih hemat dengan menggunakan toner.
  • Pencetakan dokumen ukuran besar lebih lambat – Mencetak dokumen dengan beberapa halaman membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada printer laser.
  • Mudah kotor – Membersihkan printer inkjet bukanlah tugas yang mudah, juga bukan printer yang bersih. Kartrid inkjet kadang-kadang bisa bocor, dan tinta bisa menodai hampir semua hal yang berhubungan dengannya, termasuk pakaian dan tangan anda. 

Secara keseluruhan, printer inkjet merupakan pilihan paling umum bagi konsumen. Saat mengunjungi toko Komputer, biasanya ada pilihan printer inkjet yang lebih banyak daripada printer laser. Saat inim konsumen mencari kualitas cetak yang bagus dengan biaya yang lebih rendah dan printer inkjet ini sesuai dengan kriteria tersebut. Hewlett Packard, Canon dan Epson telah terbukti menjadi merek handal dengan model yang sesuai dengan kebutuhan kebanyakan konsumen.

Printer Laser

Ada dua jenis printer laser yang tersedia

  • Printer dokumen dasar
  • copier / Scanner / Printer (All-in-one)

Jika Anda hanya perlu mencetak dokumen, seperti dokumen Word, spreadsheet Excel, atau halaman web, printer laser dasar adalah pilihan yang baik. Printer laser yang harganya lebih murah hanya tersedia untuk hitam putih saja. Ada juga printer laser warna, tapi harganya lebih tinggi.

Jika Anda ingin membuat salinan dokumen, pindai dokumen ke komputer, dan cetak dokumen, printer laser All-in-one adalah pilihan yang tepat. Sepeti halnya printer laser dasar, mayoritas versi All-in-one hanya berwarna hitam putih. Printer laser warna tersedia namun harganya lebih tinggi.

Kelebihan dan Kekurangan printer Laser
Kelebihan dan kekurangan ini bisa menjadi poin pertimbangan anda saat akan membeli printer laser.

Kelebihan

  • Penggunaan toner yang lebih efisien – Priner laser sangan efisien untuk penggunaan toner, dibandingkan dengan penggunaan tinta printer inkjet. Biaya printer laser per halaman bisa jauh lebih murah, yang berarti biaya kepemilikan lebih rendah selama umur printer.
  • Kecepatan cetak lebih cepat – Printer laser dapat mencetak dokumen dengan cukup cepat, terutama dokumen yang lebih besar, bila dibandingkan dengan printer inkjet.
  • Tidak terlalu kotor saat membersihkan – Toner tidak ternoda seperti tinga dan membersihkan printer laser juga tidak akan berantakan seperti printer inkjet.
  • Kualitas cetak yang sangan baik – Printer laser bisa menghasilkan kualitas cetak yang bagus, hitam dan putih, dan juga warna. Dokumen tercetak dengan atau tanpa warna terlihat sanat tajam, biasanya lebih dari dokumen yang sama dicetak pada printer inkjet

Kekurangan

  • Biaya kartrid toner yang lebih tinggi – Toner kartrid harganya lebih mahal dari kartrid inkjet, kadang sampai dua kali lipat. Namun ketahannya lebih dama dari pada kartrid inkjet.
  • Ukuran fisik yang besar – Sementara printer laser semakin kecil ukurannya selama bertahun-tahun, mereka masih biasanya berukuran sedikit lebih besar daripada printer inkjet dan tidak masuk ke ruangan yang sempit dengan mudah.
  • Bisa berisik – Printer laser tidak diketahui karena operasinya yang sepi. Meraka dikenal lebih keras saat digunakan dan terkadang bisa menjadi gangguan atau gangguan saat anda sedang berbicara dengan orang lain.
  • Biaya warna yang tinggi – Printer laser bukanlah pilihan yang tepat bagi konsumen yang ingin mencetak foto atau bahkan warna pada umumnya. Memang harga dan kualitas cetaknya memang bagus, tetapi kebanyakan konsumen memilih printer inkjet karena harganya lebih murah.

Secara keseluruhan, printer laser sangat bagus untuk pencetakan dokumen serta menyalin dan pemindaian. Kerita berbicara mengenai biaya kepemilikan jangka panjang, printer laser adalah pilihan yang bagus. Untuk penggunaan dasar di rumah, mereka mungkin bukan printer pilihan, tapi untuk kantor atau bisnis, mereka bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Kesimpulan
Saat membuat keputusan antara printer inkjet atau printer laser, konsumen perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis printer ini. Pada akhirnya, mungkin biaya adalah salah satu faktor penentu, dan printer inkjet biasanya lebih unggul dalam hal ini. Tetapi jika biaya kepemilikan jangka panjang itu penting, printer laser harus menjadi pertimbangan.

Jika pencetakan foto merupakan prioritas utama, printer inkjet adalah pilihan logis. Sementara penggunaan tinta tidak seefisien toner di printer laser, printer inkjet lebih murah, yang bisa menjadi faktor penting saat menentukan mana yang akan dibeli.

Dalam hal kemampuan untuk menyalin dan memindai, hal itu bisa menjadi tolak ukur dalam hal ini. Jika pencetakan & penyalinan hanya hitam putih, printer Laser All-in-one adalah pilihan yang tepat. Jika warna diperlukan, printer inkjet All-in-one mungkin adalah pilihan yang lebih baik.

Rating :

Bagikan :