Definisi CPU, fungsi dan komponennya

Content Protection by DMCA.com
AstronKomputer.com – Atau sering disebut juga sebagai prosesor, central prosesor atau mikroprosesor, CPU (diucapkan sea-pea-you) adalah Central Processing Unit pada komputer. CPU komputer menangani semua instruksi yang ia terima dari perangkat keras dan perangkat lunak yang berjalan di komputer.

CPU sering disebut sebagai otak komputer. Namun, lebih tepatnya perangkat lunak sebagai otak dan CPU sebagai kalkulator yang sangat efisien. Sebuah CPU benar-benar baik dengan angka, tapi kalau bukan karena software itu tidak akan tahu bagaimana ia melakukan hal lainnya.

Banyak pengguna komputer baru mungkin secara tidak benar menyebut komputer mereka dengan menyebutnya CPU. Saat merujuk ke komputer atau monitor anda, lebih tepatnya anda menyebutnya dengan “komputer” atau “monitor” dan bukan CPU. CPU adalah chip yang ada didalam komputer.

Dibawah ini akan ditunjukkan contoh dari prosesor bagian atas dan bagian bawahnya dari prosesor Intel Pentium. Prosesor ditempatkan dan diamankan ke soket CPU yang kompatibel yang terdapat pada motherboard. Prosesor menghasilkan panas, sehingga ditutup dengan heat sink agar tetap dingin dan berjalan lancar.

Intel Pentium


Seperti yang terlihat pada gambar diatas, chip CPU biasanya berbentuk persegi atau persegi panjang dan memiliki sudut berlekuk untuk membantu menempatkan chip dengan benar ke dalam soket CPU. Di bagian bawah chip ada ratusan pin konektor yang dihubungkan ke masing-masing lubang yang sesuai di soket. Saat ini, kebanyakan CPU menyerupai gambar di atas. Namun, Intel dan AMD juga telah bereksperimen dengan slot prosesor yang jauh lebih besar dan menanamkannya ke motherboard. Setiap soket hanya mendukung jenis prosesor tertentu dan masing-masing memiliki tata letak pinnya sendiri.

Sejarah CPU
CPU pertama kali dikembangkan di Intel dengan bantuan Ted Hoff dan yang lainnya di awal tahun 1970an. Prosesor pertama yang dikeluarkan oleh Intel adalah prosesor 4004.

Intel 4004



Komponen CPU
Dalam CPU, komponen utama adalah ALU (Arithmetic Logic Unit) yang melakukan operasi matematika, logis, dan keputusan. Dan CU (Control Unit) yang mengarahkan semua operasi prosesor.

Komponen CPU


Selama sejarah prosesor komputer, kecepatan (clock speed) dan kemampuan prosesor telah meningkat secara drastis. Sebagai contoh, mikroprosesor pertama adalah intel 4004 yang diluncurkan pada 15 November 1971, dan memiliki 2.300 transistor dan melakukan 60.000 operasi per detik. Prosesor Intel Pentium memiliki 3.300.000 transistor dan melakukan sekitar 188.000.000 instruksi per detik.

Jenis CPU
Dimasa lalu, prosesor komputer menggunakan angka untuk mengidentifikasi prosesor dan membantu mengidentifikasi prosesor yang lebih cepat. Misalnya, prosesor Intel 80486 (486) lebih cepat dari prosesor 80386 (386). Setelah diperkenalkannya prosesor Inter Pentium (yang secara teknis menjadi 80586), semua prosesor komputer mulai menggunakan nama seperti Athlon, Duron, Pentium dan Celeron.

Saat ini, selain berbagai nama prosesor komputer, ada berbagai arsitektur (32 bit dan 64 bit), kecepatan dan kemampuan. Berikut adalah daftar jenis CPU yang lebih umum untuk komputer rumahan dan bisnis.

Prosesor AMD

K6-2
K6-III
Athlon
Duron
Athlon XP
Sempron
Athlon 64
Mobile Athlon 64
Athlon XP-M
Athlon 64 FX
Turion 64
Athlon 66 X2
Turion 64 X2
Phenom FX
Phenom X4
Phenom X3
Athlon 6-series
Athlon 4-series
Athlon X2
Phenom II
Athlon II
E2 Series
A4 Series
A6 Series
A8 Series
A10 Series

Prosesor Intel
4004
8080
8086
8087
8088
80286 (286)
80386 (386)
80486 (486)
Pentium
Pentium w/ MMX
Pentium Pro
Pentium II
Celeron
Pentium III
Pentium M
Celeron M
Pentium 4
Mobile Pentium 4-M
Pentium D
Pentium Extreme Edition
Core Duo
Core 2 duo
Core i3
Core i5
Core i7
Rating :

Bagikan :