Definisi dan fungsi ISA pada motherboard

Content Protection by DMCA.com
AstronKomputer.com – Definisi ISA dapat merujuk ke salah satu dari penjelasan berikut ini :

1. Kependekan dari Industry Standard Architecture, ISA diperkenalkan oleh IBM dan dipimpin oleh Mark Dean. ISA pada awalnya adalah bus komputer 8 bit yang kemudian diperluas ke bus 16bit pada tahun 1984. Ketika bus ini awalnya diluncurkan, bus itu miliknya sendiri, dan hanya mengizinkan IBM untuk membuat periferal dan antarmuka sebenarnya. Namun, pada awal tahun 1980an produsen lain menciptakan bus.

Pada tahun 1993, Intel dan Microsoft memperkenalkan bus PnP ISA yang memungkinkan komputer mendeteksi dan mengatur periferal ISA komputer secara otomatis, seperti modem atau kartu suara. Dengan menggunakan teknologi PnP, pengguna akhir akan memiliki kemampuan untuk menghubungkan perangkat dan tidak perlu mengkonfigurasi perangkat menggunakan jumper atau tombol dip.

Semua komputer modern saat ini tidak lagi menyertakan slot ISA dan sebaliknya menggunakan lebih banyak slot PCI, AGP, dan slot lainnya. Berikut adalah contoh bentuk dari kartu ekspansi ISA dan slot yang menghubungkannya ke motherboard.

kartu ekspansi ISA SCSI


Bagaimana cara menambahkan kartu ISA jika saya tidak memiliki slot ISA?
untuk menghubungkan kartu ISA ke komputer, motherboard harus memiliki slot ISA. Seperti disebutkan di atas, komputer masa kini tidak lagi dilengkapi slot ekspansi ISA dan sebagian besar sistem operasi modern tidak lagi mendukung ISA. Jika motherboard anda tidak memiliki slot ekspansi ISA, sebaginya anda mencari kartu yang lebih modern yang didukung oleh motherboard anda.

2. Kependekan dari instruction set architecture (ISA), adalah bagian dari komputer yang berkaitan dengan pemrograman, yang pada dasarnya adalah bahasa mesin. Set instruksi menyediakan perintah ke prosesor, untuk memberitahukannya apa yang perlu dilakukan. Set instruksi terdiri dari mode pengalamatan, instruksi, tipe data asli, register, arsitektur memori, interupsi, dan penanganan pengecualian, dan I/O eksternal.

Contoh set instruksi adalah set instruksi x86, yang biasa ditemukan di komputer saat ini. Prosesor komputer yang berbeda bisa menggunakan set instruksi yang hampir sama meski tetap memiliki desain internal yang sangat berbeda. Baik prosesor Intel Pentium dan AMD Athlon menggunakan set instruksi x86 yang hampir sama. Set instruksi dapat dibangun ke dalam perangkat keras prosesor, atau dapat ditiru dalam perangkat lunak, dengan menggunakan juru bahasa. Desain perangkat keras lebih efisien dan lebih cepat untuk menjalankan program daripada versi perangkat lunak yang ditiru.

Contoh set instruksi

  • ADD – Tambahkan dua angka bersama.
  • COMPARE– Bandingkan nomor.
  • IN – Masukkan informasi dari perangkat, misalnya keyboard.
  • JUMP – Langsung ke alamat RAM yang ditunjuk.
  • JUMP IF – Pernyataan bersyarat yang melompat ke alamat RAM yang ditunjuk.
  • LOAD – Muat informasi dari RAM ke CPU.
  • OUT – Output informasi ke perangkat, misalnya monitor.
  • STORE – Menyimpan informasi ke RAM.
Rating :

Bagikan :